Desain dan Analisa Sistem Tenaga dan Transmisi pada Mobil Angkutan Multiguna Pedesaan Bertenaga Listrik

Dika Bayu Prasetyo, Unggul Wasiwitono
Submission Date: 2017-08-02 13:00:54
Accepted Date: 2018-01-09 21:27:32

Abstract


Kendaraan listrik merupakan salah satu solusi yang menjawab krisis energi pada zaman sekarang. Dalam perancangan kendaraan listrik yang terpenting adalah pemilihan motor yang digunakan, sehingga nantinya kinerja dari kendaraan listrik akan sama seperti kinerja dari kendaraan bertenaga bensin. Dalam penelitian ini akan dilakukan perhitungan rasio transmisi sehingga didapatkan kinerja yang terbaik dari kendaran multiguna pedesaan bertenaga listrik. Tahap pertama dalam pengerjaan tugas akhir ini dimulai dengan perhitungan dari gaya hambat kendaraan, sehingga kemudian didapatkan spesifikasi motor yang sesuai berdasarkan gaya hambat yang terjadi pada kendaraan. Perhitungan yang kedua adalah mengenai rasio transmisi dari kendaraan, setelah dilakukan perhitungan rasio transmisi maka dilakukan tahap analisa dari rasio transmisi. Sehingga didapatkan hasil analisa dari karakteristik traksi dan karakteristik power kendaraan. Pada penelitian ini didapat kesimpulan motor yang digunakan adalah Yasa Motor P400 series 25kw, baterai LiFePO4 12V 100Ah dan rasio transmisi 1,87 tingkat pertama dan 0,348 tingkat kedua dengan rasio gardan sebesar 4,9.

Keywords


gaya hambat;motor listrik;transmisi;traksi

References


GAIKINDO (2016, Jakarta). Domestic Auto Production.

BPH MIGAS (2016, Jakarta). Konsumsi BBM Nasional. Available http://www.bphmigas.go.id/konsumsi-bbm-nasional

S.R. Indira Riska., “Analisa Rancangan Rasio Transmisi dan Kinerja Traksi pada Kendaraan Produksi Multiguna Pedesaan”, Tugas Akhir 2015

S.I. Nyoman., Sampurno, Bambang., “Teknologi Otomotif Edisi Kedua, Institut Teknologi Sepuluh Nopember”, Guna Widya, Surabaya, 2010.

S.I Nyoman., “Teknologi Otomotif Hybrid, Institut Teknologi Sepuluh Nopember”, Guna Widya, Surabaya, 2015.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung