Desain dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Multiguna Pedesaan Menggunakan Peredam Magnetorheological Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631

Fridam Amruloh Baqarizky, I Nyoman Sutantra
Submission Date: 2017-08-02 13:11:14
Accepted Date: 2018-01-09 21:27:32

Abstract


Mobil multiguna pedesaan merupakan sebuah kendaraan yang dirancang untuk meningkatkan produktifitas masyarakat pedesaan. Mobil ini dikatakan multiguna dikarenakan box pada bagian belakang dapat diganti sesuai dengan angkutan yang dibawa yaitu manusia atau perlatan pedesaan. Untuk menjaga kenyamanan penumpang dan peralatan pedesaan diperlukan sistem suspensi yang baik. Penggunaan sistem suspensi dengan peredam magnetorheological merupakan salah satu caranya, karena pada sistem ini nilai konstanta redaman dapat berubah sesuai dengan profil permukaan jalan. Untuk merancang sistem suspensi tersebut terdapat dua macam tahapan, yaitu tahap perancangan dan analisa. Pada tahap perancangan dilakukan perhitungan dan simulasi untuk mendapatkan nilai konstanta pegas suspensi dan  arus yang masuk kedalam peredam. Pada tahap analisa, dilakukan analisa kenyamanan yang dihasilkan sistem suspensi yang sudah dirancang dengan menggunakan beberapa standar kenyamanan dan keamanan seperti ISO 2631, Assesment Diagram for Vibration, Beissbarth Automotive Group. Hasil yang didapatkan pada tugas akhir ini adalah nilai kekakuan pegas suspensi depan (Ksf) = 56904,57541 N/m, kekakuan pegas belakang (Ksr) = 70864,50183 N/m. Dan analisa menunjukkan dengan menggunakan dengan menggunakan standar kenyamanan dan kemanan diatas, suspensi hasil rancangan memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang baik.


Keywords


Peredam magnetorheological; keamanan; Beissbarth Automotive Group; kenyamanan; ISO 2631; Assesment Diagram for Vibration.

References


P.A Ramadhana, Desain dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Produksi Multiguna Pedesaan Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631, Tugas Akhir, Teknik Mmesin ITS, Surabaya (2016)

N.R. Gunawan., Permodelan dan Studi Karakteristik Sistem Suspensi Semi-Aktif dengan Peredam Magnetorheological, Tugas Akhir, Teknik Mesin ITS, Surabaya (2015)

S.J Dyke, B.S., A.A.E., “Acceleration Feedback Control Strategies For Active and Semi-Active Control System : Modeling, Alogarithm Development and Experimental Verification”, Notre Dame, Indiana (1996)

S.R Singiresu, Mechanical Vibration, Prentice Hall PTR, Singapore, 2004.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung