Desain dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Multiguna Pedesaan Menggunakan Peredam Magnetorheological Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631

Fridam Amruloh Baqarizky, I Nyoman Sutantra
Submission Date: 2017-08-02 13:11:14
Accepted Date: 2018-03-13 12:07:33

Abstract


Mobil multiguna pedesaan merupakan sebuah kendaraan yang dirancang untuk meningkatkan produktifitas masyarakat pedesaan. Mobil ini dikatakan multiguna dikarenakan box pada bagian belakang dapat diganti sesuai dengan angkutan yang dibawa yaitu manusia atau perlatan pedesaan. Untuk menjaga kenyamanan penumpang dan peralatan pedesaan diperlukan sistem suspensi yang baik. Penggunaan sistem suspensi dengan peredam magnetorheological merupakan salah satu caranya, karena pada sistem ini nilai konstanta redaman dapat berubah sesuai dengan profil permukaan jalan. Untuk merancang sistem suspensi tersebut terdapat dua macam tahapan, yaitu tahap perancangan dan analisa. Pada tahap perancangan dilakukan perhitungan dan simulasi untuk mendapatkan nilai konstanta pegas suspensi danĀ  arus yang masuk kedalam peredam. Pada tahap analisa, dilakukan analisa kenyamanan yang dihasilkan sistem suspensi yang sudah dirancang dengan menggunakan beberapa standar kenyamanan dan keamanan seperti ISO 2631, Assesment Diagram for Vibration, Beissbarth Automotive Group. Hasil yang didapatkan pada tugas akhir ini adalah nilai kekakuan pegas suspensi depan (Ksf) = 56904,57541 N/m, kekakuan pegas belakang (Ksr) = 70864,50183 N/m. Dan analisa menunjukkan dengan menggunakan dengan menggunakan standar kenyamanan dan kemanan diatas, suspensi hasil rancangan memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang baik.


Keywords


Peredam magnetorheological; keamanan; Beissbarth Automotive Group; kenyamanan; ISO 2631; Assesment Diagram for Vibration.

References