Aplikasi Belajar Menulis Aksara Jawa Menggunakan Android

As'ad Arismadhani, Umi Laili Yuhana, Imam Kuswardayan
Submission Date: 2013-02-11 20:53:39
Accepted Date: 2013-03-01 00:00:00

Abstract


Aksara Jawa atau yang lebih dikenal dengan nama Hanacaraka merupakan salah satu dari sekian warisan budaya leluhur bangsa Indonesia. Dengan seiring perkembangan zaman, Aksara Jawa seolah menjadi salah satu warisan budaya yang terlupakan. Sebagai generasi muda Indonesia, sudah seharusnya kita melestarikan budaya bangsa yang merupakan peninggalan dari leluhur kita. Atas dasar itulah pada penelitian ini dikembangkan suatu media sekaligus alat bantu berupa aplikasi belajar menulis Aksara Jawa pada perangkat Android. Penelitian ini dimulai dengan melakukan perancangan terhadap kebutuhan-kebutuhan yang akan diintegrasikan pada aplikasi Android. Pengembangan dan pembuatan aplikasi menggunakan teknologi bahasa pemrograman Java dan XML. Proses uji coba dilakukan dengan proses memasukkan data ke berkas pustaka yang berupa coretan pada bidang layar sentuh pada perangkat Android. Kemudian uji coba dilakukan dengan proses menghapus data dan yang terakhir yaitu proses uji coba mencocokkan data antara bentuk aksara yang dituliskan pada bidang layar sentuh dengan daftar aksara yang sudah tersimpan pada berkas pustaka. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa perangkat genggam Android dapat digunakan sebagai media pembelajaran menulis Aksara Jawa. Pola-pola yang digunakan pada proses uji coba dapat dikenali oleh aplikasi Aksara Jawa dan pola-pola tersebut dapat dicocokkan dengan daftar Aksara Jawa yang terdapat pada berkas pustaka.

Keywords


Aksara Jawa; Android; Java; menulis aksara; XML

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung