Identifikasi Faktor Kritis dalam Perancangan Jasa Rental Mobil

Raka Ayuda Rahman, Nugroho Priyo Negoro, Aang Kunaifi
Submission Date: 2018-01-22 15:44:41
Accepted Date: 2018-03-29 00:00:00

Abstract


Bisnis jasa rental mobil semakin berkembang setiap tahunnya setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor faktor kritis dari sisi produk dan jasa yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dimana menilai apakah faktor dari metode Product Service System yang berpengaruh signifikan dalam bisnis rental mobil. Faktor kebutuhan dari PSS rental mobil yang digunakan dalam rancangan model PSS bisnis rental mobil berjumlah 38, yang terdiri dari 26 faktor kritis technical artefact dan 12 faktor services. Setelah dilakukan product and service realtionship matrix yang merupakan adaptasi dari house of quality, penelitian ini menghasilkan 6 faktor kritis dengan nilai hubungan tertinggi dari tabel product and service analysis matrix yang ada, tiga faktor kritis dari sisi produk adalah related product, availability dan flexibility. Faktor kritis dari sisi jasa adalah required resource, estimated result dan location of service application.

Keywords


Rental mobil; Product and Service Analysis Matrix

References