Perancangan dan Desain CRM pada CallTenant

Kania Amalia, Raden Venantius Ginardi Hari, Abdul Munif
Submission Date: 2018-01-23 20:51:28
Accepted Date: 2018-07-18 14:51:59

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan CallTenant yang berupa aplikasi yang menghubungkan antara event organizer dan tenant dengan menerapkan Customer Relationship Management sebagai acuan aplikasi CallTenant. CRM bertujuan untuk mengubah pengelolaan data dan pelayanan terhadap pelanggan yang masih manual dan mencegah perusahaan dari kerugian serta kurangnya strategi untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengobservasi kondisi sistem dan pasar yang sudah ada sebagai objek penelitian. Dari hasil penelitian tersebut, maka diperoleh data dan bukti bahwa CRM dibutuhkan pengguna untuk mencari suatu informasi dengan cepat, pengguna dapat mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan, serta meningkatkan hubungan antar event dan tenant dalam kasus CallTenant ini. Sebagai tambahan bagi perusahaan, CRM dapat mengurangi biaya operasional karena aplikasi dapat diakses kapanpun dan di manapun, meningkan produktivitas kerja, meningkatkan jumlah pelanggan, dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan CRM yang akan diterapkan pada CallTenant untuk memfasilitasi event dan tenant dalam menjalankan aktivitasnya. CRM memiliki tiga tahap penting yaitu Acquire, Enhance, dan Retain yang digunakan sebagai acuan utama dalam mendirikan perusahaan.

Keywords


CRM; CallTenant; Event; Pelanggan; Tenant

References