Rancang Bangun Visualisasi Usulan Penduduk Kota Surabaya pada Situs Monvis-Musrenbang Surabaya

Danding Prawira, Faizal Johan Atletiko
Submission Date: 2018-01-24 21:03:20
Accepted Date: 2018-07-18 14:51:59

Abstract


Pemerintah kota Surabaya, memiliki sebuah situs berfungsi untuk memudahkan pemerintah menampung usulan rencana pembangunan dari masyarakat. Situs tersebut juga memberikan informasi kepada masyarakat tentang tanggapan pemerintah terhadap usulan - usulan pembangunan yang telah diajukan oleh masyarakat. Akan tetapi, status dari usulan tersebut belum bisa dievaluasi secara langsung oleh masyarakat melalui situs Musrenbang. Oleh karena itu, perlu dibuat sistem yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengevaluasi secara langsung setiap usulan yang masuk pada Musrenbang. Situs Monitoring dan Visualisasi Musrenbang atau disebut Monvis-Musrenbang merupakan situs untuk memonitoring hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Surabaya. Melalui situs ini masyarakat bisa dengan lebih mudah melihat usulan - usulan pembangunan yang masuk ke dalam situs Musrenbang. Masyarakat juga bisa memasukkan penilaian terhadap setiap usulan pembangunan, mengirimkan pesan kepada SKPD terkait, dan memberikan komentar pada usulan. Selain melalui sistem situs, masyarakat juga bisa memberikan masukan tentang usulan melalui sosial media yang dimiliki. Tidak hanya warga masyarakat, pihak pemerintah juga bisa memberikan tanggapan pada setiap usulan melalui situs. Dari masukan - masukan yang diberikan oleh masyarakat tersebut, situs dapat kemudian akan mengolah masukan - masukan tersebut menjadi informasi yang menunjukkan apakah Pemerintah Kota Surabaya telah menjalankan usulan pembangunan dengan baik sebagai monitoring terhadap usulan - usulan yang ada pada Musrenbang. Semakin banyak warga masyarakat yang berpartisipasi untuk memberikan masukan terhadap usulan, maka hasil dari monitoring yang dilakukan juga semakin akurat. Oleh karena itu, situs harus melakukan sesuatu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat tersebut. Penerapan teknik untuk situs Monitoring dan Visualisasi Musrenbang diharapkan dapat meningkatkan dan mempertahankan aktivitas pengguna situs dengan cara memotivasi pengguna untuk terus memberikan masukan pada sistem Monitoring dan Visualisasi Musrenbang.

Keywords


Monvis-Musrenbang; Surabaya dalam Angka; Google Maps

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung