Perancangan dan Analisis Karakteristik Traksi pada Mobil Pedesaan Serbaguna WAPRODES

Radian Fauzia Rahman, Alief Wikarta, I Nyoman Sutantra
Submission Date: 2018-01-29 13:53:52
Accepted Date: 2018-06-07 14:13:54

Abstract


Mobil WAPRODES merupakan mobil serbaguna karena mempunyai tiga fungsi yaitu untuk memuat barang dengan kapasitas maksimal 1500 Kg, menggerakan alat pertanian, serta dapat memuat delapan orang. Mobil ini merupakan gabungan dari kendaraan Grandong yang mempunyai fungsi menggerakkan alat produksi pertanian serta mobil pick up yang mempunyai fungsi sebagai pengangkut barang. Perhitungan dalam penelitian ini yaitu pemilihan engine, pemilihan rasio transmisi mengunakan progresi geometris, perhitungan aliran daya, perhitungan prediksi performa kendaraan, pemilihan penggerak 2WD dan 4WD serta analisis slip. Hasil yang didapatkan pada tugas akhir ini adalah pada saat menempuh medan tanjakan maksimal dan kecepatan maksimal yang diinginkan maka rasio transmisi yang digunakan berturut-turut 5.66, 3.05, 1.65, dan 0.89 untuk rasio gigi 1 sampai 4, sedangkan untuk penggerak terakhir digunakan rasio bernilai 4.8. Dengan rasio tersebut mobil multiguna pedesaan memiliki kemampuan menanjak maksimal yaitu 47% dan akselerasi maksimal 3 m/s2. Penggunaan modifikasi sistem transfer case dapat mengintegrasikan antara mode produksi, 2WD, 4WD. Untuk 2WD menggunakan penggerak roda belakang dapat menghasilkan 7957 N ketika kendaraan pada jalan datar. Pada 4WD dilakukan pembagian torsi dengan porsi 45% untuk roda belakang menghasilkan traksi sebesar 3200 N dan 55% untuk penggerak belakang yang dapat menghasilkan traksi 3800 N.

Keywords


Chasiss; Indicator Performance; Karakteristik Traksi; Pemilihan rasio; Penyesuaian Karakter Mesin dan Transmisi; WAPRODES

References