Desain Sistem Pendingin Ruang Muat Kapal Ikan Tradisional dengan Menggunakan Campuran Es Kering dan Cold Ice yang Berbahan Dasar Propylene Glycol

Mas Alamil Huda, Alam Baheramsyah, Beni Cahyono
Submission Date: 2013-02-15 09:43:17
Accepted Date: 2013-03-01 00:00:00

Abstract


Penanganan ikan hasil perikanan supaya tetap segar biasanya menggunakan es basah, terutama oleh nelayan tradisional. Penggunaan es basah hanya bertahan dalam waktu singkat. Propylene glycol merupakan salah satu bahan yang mampu menjaga kestabilan suhu rendah. Sehingga sangat efektif dan efisien apabila digunakan sebagai bahan pendingin ikan. Selain tidak membutuhkan tempat yang luas dalam penyimpanannya, propylene glycol mampu mempertahankan suhu rendah dalam waktu yang lama, tidak beracun dan mudah didegradasi oleh lingkungan (ramah lingkungan). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lama waktu yang dicapai alat pendingin dengan penambahan uap es kering dan propylene glycol. Serta mengetahui mutu ikan dengan menggunakan sistem pendingin yang dirancang dengan bahan dasar propylene glycol. Sistem pendingin ini dirancang dengan menggunakan cool box yang terdiri dari dua box yang terpisah. Coolbox yang pertama sebagai tempat ikan dengan es basah. Coolbox yang ke dua (yang lebih kecil) sebagai tempat es kering dan propylene glycol. Uap dingin dari es kering dan propylene glycol dialirkan ke kotak yang pertama dengan menggunakan blower. Sistem pendingin yang dirancang ini akan mampu mempertahankan suhu rendah dan menjaga kualitas ikan hasil tangkapan tetap segar. Sehingga sistem pendingin yang berbahan dasar propylene glycol akan lebih efektif, efisien dan ramah lingkungan.


Keywords


Propylene glycol; kualitas ikan; ramah lingkungan.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung