Penentuan Lokasi Agroindustri Berbasis Komoditas Jagung di Kabupaten Jombang

Febri Fitrianingrum, Belinda Ulfa Aulia
Submission Date: 2018-07-26 18:34:10
Accepted Date: 2018-12-17 00:00:00

Abstract


Kabupaten  Jombang memiliki potensi pada bidang pertanian berupa penggunaan lahan di dominasi oleh lahan pertanian sebesar 103.344 Ha atau sebesar 86,54% dari total luas penggunaan lahan.  Berdasarkan tren  dari tahun 2012-2017 pertumbuhan produksi jagung di Kabupaten Jombang cenderung mengalami peningkatan. Berdasarkan realisasi investasi penanaman modal asing dan dalam negeri sektor sekunder di Provinsi Jawa Timur tahun 2017, Kabupaten Jombang menempati urutan ke-8 setelah Kota Surabaya dan Kabupaten Tuban dengan jumlah investasi industri 102.850.000 US$. Nilai investasi tersebut menunjukkan tingginya nilai investasi industri di Kabupaten Jombang. Namun apabila dibandingankan dengan kondisi eksisting, di Kabupaten Jombang hanya memiliki 1 industri besar dan 1 industri sedang pengolahan berbasis jagung. Tersedianya 1 industri besar pengolahan jagung dapat diartikan pengolahan komoditas jagung di Kabupaten Jombang belum sepenuhnya berkembang. Sehingga perlu dilakukan kajian penentuan lokasi agroindustri komoditas jagung.

Penelitian ini menggunakan empat teknik analisis, yang pertama yaitu Content Analysis dengan bantuan software Nvivo 12 yang digunakan untuk menentukan variabel yang berpengaruh terhadap penentuan lokasi agroindustri berbasis komoditas jagung, selanjutnya digunakan analisis deskriptif pada penyusunan kriteria lokasi agroindustri. Kemudian dari hasil kriteria tersebut akan dibobotkan dengan ANP untuk mengetahui prioritas kriteria. Analisis yang terakhir dilakukan adalah analisis weighted overlay untuk mengetahui lokasi yang sesuai sebagai lokasi industri pengolahan  komoditas jagung untuk menjawab tujuan penelitian.

Dari analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil akhir berupa lokasi yang sesuai untuk agroindustri komoditas jagung di Kabupaten Jombang. Lokasi tersebut terletak pada Kecamatan Diwek, Mojowarno, Sumobito, dan Mojoagung seluas 1.263,31 ha atau 1,13% dari luas wilayah penelitian.


Keywords


komoditas jagung; agroindustri; lokasi industri pengolahan

Full Text: PDF ()

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung