Analisis Sideforce Kapal Katamaran Jenis Flat Side Inside Dan Simetris Terhadap Performa Maneuvering Kapal Dengan Metode CFD

Aryo Tri Septya Nugraha, I Ketut Aria Pria Utama, I Ketut Aria Pria Utama
Submission Date: 2018-07-26 22:41:27
Accepted Date: 2018-12-17 00:00:00

Abstract


Kapal katamaran memililki berbagai kelebihan dalam aspek hidrodinamika kapal secara teknis. Variasi konfigurasi lambung katamaran asimetris flat side inside dan lambung kapal katamaran simetris memberikan dampak yang berbeda dengan adanya pengaruh sideforce yang ada pada kapal katamaran. Sideforce yang mengenai setiap demihull dapat bersifat menghambat, mengingat adanya induced drag dari kedua demihull yang bersifat menghambat laju kapal. Kapal katamaran yang memiliki perngaruh dari perbandingan jarak melintang kapal dengan panjang kapal (S/L) sehingga dilakukan penelitian untuk S/L = 0.2, S/L = 0.3 dan S/L = 0.4. Selain hubungan pengaruh sideforce dengan variasi jenis lambung kapal sideforce juga mampu memberikan pengaruh dalam maneuvering kapal. Dalam proses maneuvering, kapal mengalami kondisi dimana kapal berbelok sehingga penelitian disimulasikan dalam variasi sudut kemiringan, yaitu pada sudut kemiringan 2’o, 4’o, 6’o, 8’o, 10’o, 12’o, 14’o terhadap sumbu Z. Dalam simulasi yang dilakukan dengan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) diperoleh nilai sideforce yang selanjutnya diubah menjadi nilai sideforce coefficient (CSF). Selain diperoleh nilai dari sideforce coefficient (CSF) juga diperoleh nilai CT, dimana nilai CSF  diperoleh berdasarkan besarnya nilai force pada sumbu y, atau sumbu yang sejajar dengan arah melintang kapal. Sedangkan nilai CT diperoleh berdasarkan nilai besarnya force berdasarkan sumbu x, atau sumbu yang sejajar dengan arah memanjang kapal. Perbedaan konfigurasi lambung pada kapal katamaran dapat menyebabkan nilai sideforce dan nilai CSF yang berbeda. Kapal katamaran asimetris flat side inside memiliki nilai sideforce yang lebih besar dibandingkan dengan kapal katamaran simetris. Pada kapal katamaran simetris dan asimetris flat side inside pada sudut kemiringan 2’o, 4’o, 6’o nilai CSF lebih kecil daripada nilai CT. Pada sudut kemiringan 8’o, 10’o, 12’o, 14’o CSF memiliki nilai yang lebih besar daripada nilai CT.

Keywords


Katamaran; Sideforce; Sideforce Coefficient (CSF); Maneuvering; CFD

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung