Karakteristik Ruang Kampung Tambak Asri Berdasarkan Pendekatan Placemaking

Lidia Rubianto, Ardy Navastara
Submission Date: 2018-07-30 02:23:20
Accepted Date: 2018-12-17 00:00:00

Abstract


Kampung Tambak Asri, Kelurahan Morokrembangan Kecamatan Krembangan Surabaya adalah kawasan permukiman yang berada di pinggiran kota. Kampung ini menunjukkan ciri-ciri ketidakberkelanjutan dalam fungsinya sebagai kawasan bermukim. Kondisi kumuh di lingkungan kampung Tambak Asri dan adanya kesenjangan sosial memberikan kesan yang kurang teratur di kampung ini. Kampung Tambak Asri juga dikenal sebagai Kampung Prostitusi yakni Kampung Kermil sejak tahun 1970an dan aktivitas ini ditutup oleh Pemkot Surabaya pada tahun 2012 lalu. Tambak Asri dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 10.198,6 jiwa/km2. Angka kepadatan penduduk ini, turut merefleksikan kepadatan bangunan permukiman masyarakat. Di samping itu terdapat kondisi penggunaan ruang-ruang yang diabaikan. Terkait permasalahan tersebut, maka perlu untuk mengidentifikasi ruang-ruang Kampung Tambak Asri. Adapun tujuan penelitian ini adalah merumuskan karakteristik ruang-ruang Kampung Tambak Asri dalam perspektif space dan place. Pendekatan yang sesuai dalam perspektif space dan place adalah pendekatan placemaking. Placemaking adalah suatu cara bagaimana menciptakan sesuatu yang spesial baik dari dalam atau luar ruang atau space. Tahap awal penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data dan informasi melalui observasi, kuesioner responden masyarakat dan wawancara. Tahapan penelitian ini yakni mengidentifikasi karakteristik penggunaan ruang-ruang di Kampung Tambak Asri oleh masyarakat sebagai pengguna dengan metode statistik deskriptif. Karakteristik diidentifikasi berdasarkan indikator dan variabel terkait serta disajikan dengan pendekatan tematik. Hasil dari penelitian ini adalah karakteristik ruang-ruang kampung Tambak Asri dalam konteks space dan place berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan.

Keywords


kampung, placemaking, space, place, Tambak Asri

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung