Desain Modifikasi Gedung Fave Hotel Cilacap Menggunakan Metode Flat SLab

Dody Burhanuddin, Endah Wahyuni, Djoko Irawan
Submission Date: 2018-08-01 23:32:53
Accepted Date: 2019-02-08 00:00:00

Abstract


Gedung Fave Hotel Cilacap adalah gedungĀ  hotel dengan 6 lantai yang dibangun di daerah Cilacap yang merupakan kategori risiko gempa tinggi. Modifikasi yang dilakukan diantaranya dengan menambah jumlah lantai menjadi 10 lantai dan menggunakan sistem flat slab dan shearwall sebagai perkuatan dalam menerima beban gempa pada wilayah gempa tinggi. Gedung akan dimodelkan 3 dimensi dengan dibebani beban gravitasi dan gempa. Gedung harus memenuhi persyaratan base shear dan harus memenuhi persyaratan drift untuk memenuhi aspek keamanan gedung.

Dalam modifikasi ini, secara keseluruhan direncanakan dengan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) dengan dinding geser beton bertulang khusus karena dalam perencanaannya bangunan ini terletak pada zona gempa tinggi sehingga beban lateral akan dipikul oleh dinding struktur sebesar 75% dari beban lateral keseseluruhan struktur bangunan.

Hasil dari perancangan didapatkan tebal pelat 240 mm , tebal drop panel 160 mm dengan lebar 300 cm baik kea rah sumbu x maupun kea rah sumbu y, dan dengan penggunaan kolom dengan dimensi 700 mm x 700 mm. Dinding geser dirancang dengan ketebalan 400 mm dengan menggunakan komponen batas.


Keywords


Gedung Fave Hotel Cilacap; Flat Slab; Drop Panel; Shearwall; SRPMK

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung