Estimasi Variabel Dinamik Menggunakan Metode Kalman Filter

Nathanael Leon Gozali, Aulia Siti Aisjah, Erna Apriliani
Submission Date: 2013-08-14 12:45:13
Accepted Date: 2013-08-31 14:43:36

Abstract


Sebuah sistem pengendalian kapal dituntut untuk memiliki akurasi yang tinggi. Hal ini dituntut dengan adanya sistem pengendalian otomatis yang dibuat dengan menjadikan feedback dari alat ukur sebagai nilai yang mempengaruhi  pengendali. Dengan alat ukur yang memiliki noise dan sistem yang memiliki noise sehingga tidak sesuai dengan perancangan sistem tersebut menjadi penyebab ketidaktepatan dalam pengendalian kapal. Meskipun noise bernilai kecil namun dalam waktu yang lama dan terus menerus terakumulasi sehingga pengendalian tidak berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah estimator Kalman Filter pada kondisi noise dari alat ukur, noise dari sistem kapal dan ketidaktepatan dalam pemodelan. Metode Kalman Filter yang digunakan adalah metode Kalman Filter diskrit linier karena model dinamika kapal telah dilinierisai dan didiskritisasi terlebih dahulu. Variabel dinamik kapal yang diestimasi untuk keperluan steering adalah dinamika sway-yaw dengan variabel kecepatan sudut, posisi sudut dan kecepatan arah sway. Perancangan sistem berdasarkan spesifikasi kapal perang kelas SIGMA Extended. Berdasarkan hasil simulasi, estimator yang dirancang  mampu memberikan nilai estimasi pada ketiga variabel dinamika kapal dengan persentase integral absolute error dari sistem dengan noise sistem dan noise pengukuran sebesar 0,41% untuk variabel yaw, 4,30% untuk yaw-rate dan 6,78% untuk sway-rate.


Keywords


Kalman Filter; sistem pengendalian; Christensen dan Blanke; noise;

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung