Pengembangan Aplikasi Daftar Perencanaan Kegiatan Berbagi Pakai pada Sistem Operasi Android

Kadek Anggrian Mahendra Putra, Umi Laili Yuhana, Rully Soelaiman
Submission Date: 2013-08-14 22:00:43
Accepted Date: 2013-09-01 00:00:00

Abstract


Teknologi pada perangkat bergerak sudah banyak melahirkan berbagai aplikasi perangkat bergerak untuk memanajemen aktivitas manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi manajemen perencanaan kegiatan yang dapat mendistribusikan perencanaan kegiatan dengan banyak pengguna. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur perintah suara, penentuan prioritas berdasarkan nilai bobot dari kegiatan tersebut dengan menggunakan algoritma TF-ICF (Term Frequency – Inverse Corpus Frequency), serta pengurutan perencanaan kegiatan berbasis location-aware. Aplikasi ini dibangun dalam 2 bagian, yaitu sisi klien pada sistem operasi Android, dan sisi server sebagai pusat data dan kontrol. Media komunikasi yang digunakan adalah internet.

Pada penggunaannya, aplikasi klien akan mengeluarkan suara pemberitahuan dan memunculkan notifikasi pada layar perangkat bergerak untuk memberitahu penggunanya ketika pengguna berpindah lokasi dan di lokasi tersebut terdapat beberapa data rencana kegiatan miliknya, dan juga ketika sebuah perencanaan telah mendekati deadline-nya. Pengguna juga dapat mengundang pengguna lainnya untuk menjadi peserta atau pengamat dalam kegiatannya. Suatu perencanaan kegiatan dapat ditandai sebagai telah selesai dikerjakan atau masih ditunda, memiliki anak kegiatan lainnya, serta dapat disisipkan dengan arsip yang berkaitan.


Keywords


Android; Daftar Kegiatan; Metode Pembobotan; Pengenalan Suara; Sadar Lokasi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung