Desain Aplikasi Website HUB Marketing Berbasis E-Marketplace untuk Pemasaran Produk Kapal dan Komponennya

Rizky Armanda, Heri Supomo, Imam Baihaqi
Submission Date: 2019-02-06 15:50:47
Accepted Date: 2019-07-03 14:27:36

Abstract


Pada Industri maritim Indonesia saat ini, pemasaran kapal dan komponen kapal masih mengandalkan cara pemasaran konvensional. Oleh karena itu dibutuhkan cara alternatif dalam pemasaran kapal dan komponennya dengan cara yang lebih modern dan terintegrasi untuk industri bisnis perkapalan. Tujuan yang ingin dicapai dari pengerjaan tugas akhir ini adalah merancang aplikasi website HUB Marketing berbasis e-marketplace, aplikasi dirancang dimulai dengan membuat konten penjualan dengan membuat kategori dan tipe untuk produk kapal dan komponen kapal. Lalu dilanjutkan dengan merancang sistem website dan dilanjutkan merancang mockup dan membuat sistemnya dengan pengkodingan aplikasi. Aplikasi yang telah dibuat dikembangkan menjadi sebuah website dengan nama Hubmarine dan dirancang agar dapat membantu pemasaran produk kapal dan komponen kapal dengan memberikan fitur penjualan dan pembelian dalam website. Dari hasil pengembangan website dilakukan uji responden untuk mengetahui seberapa membantu dan perlu atau tidaknya aplikasi ini dibuat, hasil responden didapat rata-rata jawaban sebesar 81,3%, dapat disimpulkan website ini membantu sistem pemasaran yang ada saat ini. Lalu dilakukan analisa ekonomis untuk biaya yang dibutuhkan, didapat biaya investasi awal sejumlah Rp2.656.700.000, biaya pengelolaan website per tahun sejumlah Rp3.666.003.760, dan pendapatan pengelola website sejumlah Rp5.595.000.000 setiap tahunnya. Selanjutnya investasi akan mengalami break even point pada tahun ke 6 dengan internal rate of return sebesar 17.06%


Keywords


HUB; Marketing; E-Marketplace; Kapal; Komponen Kapal

Full Text: Untitled

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung