Analisa Pengaruh Karat Sand Blasting Terhadap Laju Korosi Pelat PontoonFloating Dock di Galangan Reparasi Kapal

Taufik Hidayat, Triwilaswandio Wuruk Pribadi, Muhammad Sholikhan Arif
Submission Date: 2019-02-06 18:05:17
Accepted Date: 2019-07-03 14:27:36

Abstract


Reparasi kapal di atas floating dock, dilakukan proses sand blasting untuk membersihkan lambung kapal dari karat. Karat dan pasir sand blasting menumpuk menjadi material deposit di atas permukaan pelat pontoon floating dock. Tumpukan karat dan pasir sand blasting tidak dibersihkan secara menyeluruh sehingga mempengaruhi mekanisme korosi pelat pontoon floating dock yang memicu terjadinya korosi di bawah lapisan karat dan pasir sand blasting atau lebih dikenal sebagai korosi bawah deposit. Untuk mengetahui pengaruh dari karat dan pasir sand blasting terhadap laju korosi pelat pontoon floating dock, dilakukan pengujian laju korosi menggunakan metode elektrokimia dengan teknik polarisasi dimana permukaan spesimen tertutupi oleh material deposit karat sand blasting di dalam larutan NaCl 3,5%. Variasi material deposit dalamĀ  pengujian ditentukan berdasarkan data hasil observasi lapangan berupa variasi komposisi pasir sand blasting dan karat yaitu 80% : 20%, 70% : 30%, dan 60% : 40%. Variasi ketebalan material deposit yaitu tebal 2 cm, 4 cm, dan 6 cm. Variasi permukaan pelat yang tertutupi material deposit yaitu 100%, 50%, dan 30% permukaan dan pengujian tanpa material deposit sebagai benchmark. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa spesimen dengan permukaan tertutupi material deposit karat sand blasting mempunyai laju korosi yang lebih cepat dari pada spesimen yang tidak tertutupi material deposit dan semakin tebal material deposit maka laju korosinya semakin cepat. Semakin besar diferensial aerasi antara permukaan yang tertutupi material deposit dan permukaan yang tidak tertutupi material deposit karat sand blasting maka nilai laju korosi semakin besar. Selain itu, semakin banyak kandungan karat didalam material deposit karat sand blasting maka laju korosinya semakin cepat. Korosi yang disebabkan oleh material deposit karat sand blasting mengakibatkan penurunan keuntungan yang diperoleh floating dock dimana keuntungan terendah yaitu sebesar Rp4.285.627.040,00. Sedangkan keuntungan yang diperoleh pada kondisi permukaan pontoon floating dock tidak tertutupi material deposit adalah sebesar Rp13.439.792.320,00.

Keywords


deposit karat; floating dock; korosi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung