Analisis Kekuatan Chassis Terhadap Impact pada Kendaraan Bus Mitsubishi FUSO FE 84G BC dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

Dwi Dani Aufar Fakhri, I Nyoman Sutantra
Submission Date: 2019-02-08 11:28:37
Accepted Date: 2019-06-30 00:00:00

Abstract


Peningkatan jumlah penduduk di Indonesia berdampak pada kebutuhan alat transportasi di Indonesia, terutama alat transportasi umum yaitu bus. Padatnya transportasi tidak menutup kemungkinan terjadinya kecelakaan, sehingga keselamatan dan keamanan dalam berkendara merupakan hal yang sangat penting. Dampak paling besar saat terjadi kecelakaan salah satunya dari depan kendaraan, sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan penumpang. Oleh karena itu dalam merancang suatu kendaraan, faktor keamanan dan kenyamanan merupakan hal yang sangat penting. Sehingga keselamatan pengemudi menjadi perhatian penting apabila bus ini mengalami kecelakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah simulasi dengan menggunakan metode elemen hingga. Mekanisme pemodelan pengujian impact yang dilakukan yaitu full width frontal collision dan offset frontal collision. Variasi uji tabrak ini dilakukan  pada chassis bus Mitsubishi FUSO FE 84G BC yang menggunakan bumper depan dan tanpa bumper depan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yakni dengan variasi kecepatan 48 km/jam sampai 96 km/jam. Deformasi terbesar yaitu 5,662 mm pada full width frontal collision tanpa bumper pada kecepatan 96 km/jam. Sesuai standart FMVSS 204 besar deformasi tidak melebihi dari 127 mm dan dinyatakan aman. Bumper yang terpasang pada chassis kendaraan dapat mengurangi defleksi yang terjadi pada chassis . Pada full widht frontal collision reduksi defleksi terbesar pada kecepatan 75 km/jam yaitu 21,628%, Sedangkan pada  offset frontal collision reduksi terbesar pada kecepatan 96 km/jam yaitu 27,667%. Besar energi serapan yang diterima oleh chassis saat terjadi tumbukan maksimum beragam sesuai besar kecepatan. Semakin tinggi kecepatan collision semakin besar pula nilai energi serapan yang diterima oleh chassis bus. Perbandingan energi yang diserap antara chassis tanpa bumper lebih besar dari pada yang menggunakan bumper.


Keywords


chassis; full width frontal collision; offset frontal collision; barrier; chassis bus.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung