Sistem Keamanan Peralatan Berbasis Kamera Termal

Andhoko Gandung Hawali Triasto, Muhammad Rivai
Submission Date: 2019-07-11 09:40:01
Accepted Date: 2020-01-30 00:00:00

Abstract


Semakin majunya teknologi, semakin banyak mesin dan peralatan yang dapat bekerja secara otomatis, dimana agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan kebakaran, maka dibutuhkan sistem keamanan. Dengan memberikan sebuah sistem keamanan pada peralatan tersebut, maka efisiensi dan tingkat keamanan peralatan meningkat. Maka diperlukan sebuah sistem keamanan yang dapat memantau semua peralatan, hanya dengan menggunakan sebuah sensor berupa kamera termal. Dengan mendeteksi perubahan data temperatur peralatan dari kamera termal, tidak diperlukan lagi sensor lain sebagai sistem keamanan pada peralatan. Jenis kamera termal yang akan digunakan berupa AMG8833 IR Thermal Camera yang merupakan sensor termal dengan array 8x8, yang dapat menampilkan 64 piksel pembacaan temperatur inframerah. Dapat mengukur temperatur dengan akurasi ±2,5℃ yang dapat mendeteksi hingga jarak 7 meter. Dengan kamera termal sebagai sensor tunggal untuk mendeteksi dan membedakan peralatan yang mengalami kelebihan temperatur, dan menggunakan relay dan triac MOC3021 sebagai aktuator yang terhubung dengan sistem deteksi lewat WiFi dengan NodeMCU ESP8266 sebagai sistem IoT. Sistem dapat mematikan peralatan ketika terdeteksi kelebihan temperatur, dan dapat mengatur kecepatan motor AC dengan mengontrol besarnya tegangan yang diberikan, sesuai temperatur motor. Sehingga dapat memonitor data temperatur lewat aplikasi Blynk dan mencegah terjadinya kerusakan alat dan kecelakaan lainnya seperti kebakaran pada alat atau kabel secara otomatis.

Keywords


IoT; Kamera Termal; Sistem Keamanan Peralatan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung