Modifikasi Perencanaan Struktur Atas Jembatan Suramadu Menggunakan Konstruksi Jembatan Gantung dengan Side Span Suspended

Dyah Sukma Putri Andini, Hidayat Soegihardjo Masiran, Bambang Piscesa
Submission Date: 2019-07-26 08:28:38
Accepted Date: 2020-01-28 00:00:00

Abstract


Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang melintas di selat madura yang menghubungkan Kota Surabaya dan Pulau Madura. Jembatan ini menjadi jalur alternatif untuk meningkatkan laju perekonomian, pembangunan infrastruktur serta kegiatan pariwisata untuk Pulau Madura. Kondisi eksisting jembatan merupakan konstruksi jembatan cable stayed dengan bentang utama sepanjang 818 meter serta lebar jalan 30 meter. Dalam perencanaan ini Jembatan Suramadu didesain menggunakan konstruksi jembatan gantung dengan tipe side span suspended. Jembatan ini direncanakan dengan bentang utama 1200 meter yang terdiri dari bentang tengah 800 meter dan bentang samping 200 m di setiap sisinya, serta lebar lantai kendaraan 30 meter. Material yang menyusun lantai kendaraan berupa material baja dengan tipe orthotropic steel box girder. Struktur pylon dari beton bertulang yang terletak pada kedua sisi bentang tengah jembatan. Dari hasil perencanaan diperoleh dimensi struktur sekunder yang terdiri atas railing dengan profil rectangular hollow 200.200.8 dan circular hollow D3,5”. Sedangkan untuk struktur utama, pada lantai kendaraan direncanakan menggunakna orthotropic plate tebal 16 mm, closed ribs bentuk trapezoidal dimensi 300.250.150.8, floor beam profil T dimensi 700.300.15.28, pelat dinding box girder samping tebal 24 mm dan rangka batang dimensi 2L 150.150.15.15. Sambungan yang digunakan adalah las fillet dan baut M24 dan M30. Struktur kabel tersusun atas 7-wire strand dengan diameter kabel utama 550 mm tersusun dari 7 kabel strand 187 dan kabel penggantung 140 mm tersusun dari strand 109. Pada kolom pylon didesain dengan dimensi 5000 x 7000 mm dan balok kolom dimensi 5000 x 5000 mm dengan rongga didalamnya. Dalam desain struktur jembatan gantung ini digunakan program bantu MIDAS Civil 2011 v2.1 pada analisa struktur utama sekaligus tahapan metode pelaksanaan dan SAP2000 untuk menganalisa struktur sekunder. Hasil analisa juga digunakan untuk analisa stabilitas aerodinamis yang meliputi kontrol frekuensi alami, efek flutter dan vortex shedding. Desain dilakukan dengan mengacu SNI 1725 2016, Peraturan PU No. 08/SE/M/2015, RSNI 2833 2016, SNI 2847 2013.

Keywords


Jembatan Gantung; Side Span Suspended; Kabel; Orthotropic Deck

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung