Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit)

Berta Sihite, Febriliyan Samopa, Nisfu Asrul Sani
Submission Date: 2013-08-21 15:55:49
Accepted Date: 2013-09-20 17:24:34

Abstract


Peristiwa kemerdekaan Indonesia umumnya dapat dilihat melalui film atau video, Namun kualitas yang didapat juga tidak sebagus saat ditayangkan pertama kali. Pembelajaran sejarah di sekolah yang ditekankan juga adalah metode menghafal maka tidak jarang banyak siswa yang tidak menyenangi pelajaran tersebut. Berdasarkan kajian tersebut, penulis akan membuat aplikasi berisi peristiwa sejarah yang dibuat secara virtual dan mirip dengan peristiwa nyatanya sehingga pengguna dapat mengerti peristiwa sejarah yang terjadi di Hotel Majapahit Surabaya (Hotel Yamato) secara jelas tanpa banyak menghafal serta dapat membantu memahami peristiwa kemerdekaan dengan ilustrasi yang lebih menarik. Penulis akan menggunakan teknologi Virtual Reality dan teknologi tiga dimensi(3D). Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya. VR adalah membuat objek secara virtual serta tetap memperhitungkan sifat-sifat fisiknya dengan sistem menggunakan mobile phone yang berbasis sistem operasi android. Aplikasi yang dibangun akan menggunakan gambar bangunan untuk pembuatan objek hotel berbentuk 3D kemudian dilanjutkan dengan pembuatan interaksi berupa video dan animasi peristiwa sejarah dan menmenggunakan Virtual Reality. Tahap akhirnya dimasukkan kedalam mobile phone. Hasil dari Penelitian ini akan menghasilkan aplikasi 3D viewer mobile pada Hotel Majapahit. Penulis berharap dengan dibuatnya aplikasi ini, dapat membantu masyarakat umum dalam memahami nilai sejarah yang ada di Hotel Majapahit secara visual serta ikut melestarikannya.

Keywords


3D; virtual reality; hotel Majapahit Surabaya; mobile phone; android.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.