Simulasi Cycle Tempo Pengaruh Kondisi Operasi HPH Off Service terhadap Performa PLTU Paiton Unit 9

Narumi Dwi Ramadhanti, Ary Bachtiar Krishna Putra
Submission Date: 2019-07-28 20:57:40
Accepted Date: 2020-01-23 00:00:00

Abstract


Feedwater heater yang digunakan pada sistem pembangkit tenaga uap adalah low pressure heater (LPH), high pressure heater (HPH), dan deaerator. PLTU Paiton Unit 9 menggunakan 4 LPH, 3 HPH, dan 1 deaerator. High Pressure Heater (HPH) berfungsi meningkatkan temperatur feedwater yang akan dipanaskan di dalam boiler sehingga penggunaan bahan bakar lebih sedikit. Pada kondisi aktual HPH sering menghadapi masalah sehingga harus dilakukan perbaikan, yang mengharuskan HPH dalam kondisi off service. Kondisi tersebut memengaruhi daya netto, net plant heat rate, dan efisiensi sistem pembangkit. Pada PLTU Paiton Unit 9, apabila salah satu HPH mengalami kerusakan maka seluruh HPH tidak beroperasi karena by pass dipasang dari deaerator langsung menuju ke boiler. Oleh karena itu, dilakukan studi lebih lanjut mengenai pengaruh kondisi off service HPH terhadap performa pembangkit. Analisis dilakukan pada software Cycle Tempo 5.0 dan menggunakan data operasi aktual. Setelah itu memvariasikan simulasi dengan mengatur kondisi operasi HPH, dilakukan dengan mengatur bukaan valve yang masuk ke sisi tube HPH. Hasil penelitian dari variasi kondisi HPH off service yaitu kondisi yang paling optimal adalah kondisi eksisting dengan nilai NPHR terendah yaitu 2452,047 kCal/kWh dan nilai efisiensi sistem tertinggi yaitu 35,236%. Variasi yang paling merugikan adalah variasi HPH 1,2,3 off dengan nilai NPHR terbesar yaitu 2513,818 kCal/kWh dan nilai efisiensi sistem terendah yaitu 34,37%. Dari hasil perhitungan kecepatan fluida di dalam pipa dan beban pemanasan HPH didapatkan hasil bahwa pada variasi kondisi HPH 2 off, HPH 3 off, HPH 2 dan HPH 3 off, serta HPH 1 dan HPH 3 off , terdapat kecepatan fluida ekstraksi ke HPH melebihi kecepatan desain dan beban pemanasan HPH melebihi beban pemanasan maksimum. Hal ini karena laju massa uap ekstraksi ke HPH bertambah secara signifikan, beban pemanasan dari HPH meningkat akibat dari temperatur feedwater yang masuk ke HPH semakin rendah.

Keywords


Performa Pembangkit; HPH Off Service; Software Cycle Tempo 5.0

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung