Perencanaan Rute Bus Berdasarkan Demand Penumpang di Terminal 2 Juanda Surabaya

Annisa Nur Sakinah, Wahju Herijanto, Anak Agung Gde Kartika
Submission Date: 2019-07-29 06:21:33
Accepted Date: 2020-01-29 13:08:38

Abstract


Perencanaan rute bus berdasarkan permintaan penumpang di Terminal 2 Juanda dilakukan untuk memberikan kelancaran mobilitas penumpang dari Terminal 2 Juanda ke kota-kota lain di Jawa Timur serta memperkirakan perkembangan angkutan di 5 tahun mendatang yang akan menggunakan moda bus , maka diperlukan perencanaan rute bus serta bus operasional Untuk memenuhi permintaan Penumpang di Terminal 2 Juanda guna memperlancar Transportasi Dari Dan Menuju Terminal 2 Juanda Surabaya. Perhitungan dari permintaan penumpang yang ditawarkan untuk menggunakan moda bus diperoleh dari hasil survei penumpang di Terminal 2 Juanda menggunakan metode modal split dengan model probit. Setelah menghitung permintaan penumpang maka dilakukan penentuan rute per koridor . Menghasilkan uang tunai untuk 5 tahun kedepan menggunakan dua metode yaitu regresi linier dan rasio pertumbuhan dari pendapatan perkapita. Perencanaan Operasi o nal bus direncanakan berdasarkan faktor-faktor Pelayanan angkutan Sales manager. Dari hasil survei yang dilakukan serta perhitungan permintaan yang memutuskan untuk menggunakan moda bus maka ditetapkan 3 rute per koridor yaitu rute 1 koridor utara untuk Madura, rute 2 koridor selatan untuk Sidoarjo, Malang, Blitar dan rute 3 koridor barat untuk Mojokerto, Jombang, Kediri, tulungagung. Bangkitan penumpang di terminal yang datang da n di terminal yang diterima pada tahun 2024 pada rute 1 sebanyak 1112 penumpang / hari & 1413 penumpang / hari, rute 2 sebanyak 1304 penumpang / hari & 2667 penumpang / hari, rute 3 sebanyak 2704 penumpang / hari & 3003 penumpang / hari. Armada yang digunakan menggunakan bus besar lantai tunggal dan bus sedang. Kebutuhan armada pada rute 1 sebanyak 13 bus untuk tahun 2019 dan tahun 2024. Rute 2 sebanyak 35 bus untuk tahun 2019 dan 44 bus pada tahun 2024. Rute 3 sebanyak 40 bus untuk tahun 2019 dan 45 bus pada tahun 2024.

Keywords


Bangkitan Penumpang; Bus; Demand; Juanda; Rute

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung