Identifikasi Karakteristik Obyek Daya Tarik Wisata Makam Sunan Bonang Berdasarkan Komponen Wisata Religi

Wahyu Aswin Wicaksono, Hertiari Idajati
Submission Date: 2019-07-29 19:04:44
Accepted Date: 2020-01-28 00:00:00

Abstract


Daya tarik wisata memiliki beberapa jenis yang salah satunya merupakan Wisata Religi dimana memiliki komponen wisata yang sama dengan wisata konvensional. Hal yang membedakan dari wisata religi adalah segala aktivitas didasarkan pada nilai-nilai syariah Islam yang terbebas dari kemaksiatan dan menghindari kemusyrikan. Kabupaten Tuban memiliki banyak destinasi wisata religi di tiap wilayahnya khususnya wisata makam para tokoh penyebar Agama Islam. Salah satu destinasi wisata religi Kabupaten Tuban adalah Makam Sunan Bonang. Makam Sunan Bonang merupakan tempat makam Syekh Abdullah Asy’ari. Makam Sunan Bonang memiliki karakteristik wisata seperti Daya tarik wisata Budaya dan Buatan serta telah tersedia Sarana dan prasarana. Aksesibilitas di Makam Sunan Bonang dapat dikatakan mudah dijangkau oleh tranportasi roda dua hingga roda empat. Pengelola Makam Sunan Bonang terdiri dari BPCB, Yayasan Mabbarot Sunan Bonang dan Dinas Pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik Makam Sunan Bonang yang merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tuban. Dari karakteristik tersebut, dapat diketahui apakah Makam Sunan Bonang telah memenuhi tiap komponen dari wisata religi. Mengidentifikasi karakteristik dari suatu dapat dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Hal tersebut dilakukan dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata maupun bahasa. Sehingga akan didapatkan Karakteristik Destinasi Wisata yang sesuai dengan kondisi eksisting yang dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya ataupun untuk menyusun rekomendasi pengembangan destinasi wisata.

Keywords


Kabupaten Tuban; Karakteristik Wisata; Wisata Religi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung