Pengembangan Modul Pengolah Data Citra untuk Aplikasi Pemetaan Kerusakan Jalan

Ivan Agung Pandapotan, Daniel Siahaan, Chastine Fatichah
Submission Date: 2019-07-31 17:49:54
Accepted Date: 2020-01-30 00:00:00

Abstract


Kerusakan jalan masih merupakan salah satu masalah utama untuk transportasi darat. Untuk menangani kerusakan jalan tersebut masih dengan metode manual. Untuk memetakan kerusakan jalan tersebut surveyor harus langsung turun ke lokasi kerusakan yang memberikan resiko kecelakaan, kurang efisien dari segi ruang, waktu, serta biaya karena harus turun langsung ke bagian jalan yang mengalami kerusakan dan melakukan pemetaan langsung di lokasi tersebut. Setelah pemetaan, surveyor harus memberikan data hasil pemetaan kepada perencana dalam bentuk berkas laporan. Untuk mengotomatisasi proses pemetaan kerusakan jalan, maka dibangun Aplikasi Pemetaan Kerusakan Jalan, yang berbasis aplikasi desktop. Aplikasi yang dibangun memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat proses pemetaan pada proses perbaikan jalan dari awal sampai akhir menjadi lebih mudah dan cepat.Aplikasi Pemetaan Kerusakan Jalan yang dibangun memiliki beberapa modul yang dapat membantu proses pemetaan. Namun, pada penelitian ini hanya dibahas dua modul utama. Modul yang akan dibahas adalah tentang Image Manipulation, yaitu dengan metode Image Stretching dan metode Image Stitching. Keluaran dari modul yang dibangun dapat digunakan sebagai data masukkan untuk modul atau proses selanjutnya pada aplikasi untuk mengeluarkan hasil yang dapat digunakan dan sesuai kebutuhan.

Keywords


Aplikasi; Image Manipulation; Image Stitching; Image Stretching; Pemetaan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung