Re-Design dan Modifikasi Generator Cooler Heat Exchanger Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) untuk Meningkatkan Performasi

Ria Mahmudah, Djatmiko Ichsani
Submission Date: 2013-11-11 10:42:51
Accepted Date: 2013-12-01 00:00:00

Abstract


Cooler Generator adalah alat yang berfungsi untuk menjaga temperature udara yang ada di dalam generator akibat kenaikan beban pada generator. Dan apabila kerja dari generator cooler tidak maksimal dalam menjaga temperatur di dalam generator maka akan terjadi overheating dan kerusakan pada generator, yang akan menyebabkan generator akan shutdown. Hal tersebut akan mengganggu proses produksi pada pembangkit listrik. Hal ini sering terjadi pada pembangkit listrik, salah satunya adalah PLTP dimana desain generator cooler sudah tidak dapat lagi menjaga temperatur didalam generator karena kenaikan beban. Sehingga perlu dilakukan desain ulang generator cooler untuk mendapatkan hasil yang maksimal yang dapat menjaga temperatur didalam generator agar generator tidak cepat mengalami overheating dan kerusakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisa perhitungan termodinamika dan perpindahan panas. Dilakukan trial error konfigurasi geometri heat exchanger berupa diameter tube dan P/Do yang didapat dari standart TEMA untuk mendapatkan UA yang maksimal dan mendapatkan nilai effectiveness tinggi. Dimana dalam re-desain ini menggunkan volume heat exchanger yang tetap dan jumlah dan jenis fin yang digunakan juga tetap. Dari analisa perhitungan, bahwa semakin besar nilai P/Do maka nilai effectiveness, NTU dan Pressure drop akan semakin kecil, begitu juga sebaliknya. Dari analisa didapatkan  konfigurasi geometri generator cooler yang menghasilkan performa yang maksimal yaitu  P/Do = 1,42 dengan  Do = 19,05 mm ; Di = 16,3 mm ; ST = 28,6 mm; SL= 24,7 mm ; Nt = 420. Dari perhitungan didapatkan bahwa geometri desain baru memiliki effektiveness 0,91 dan menghasilkan Th,o = 40,8 oC pada beban Th,I = 74,11 oC.

Keywords


compact heat exchanger; generaor cooler; fin dan tube

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung