Keterkaitan Sektor Ekonomi di Provinsi Jawa Timur

Okto Dasa Matra Suharjo, Eko Budi Santoso
Submission Date: 2014-08-12 17:54:53
Accepted Date: 2014-09-14 00:00:00

Abstract


Keterkaitan antar sektor adalah salah satu faktor penting dalam pengembangan wilayah maupun dalam teori ekonomi regional. Dengan adanya keterkaitan antar sektor ini maka diharapkan mampu meningkatkan perekonomian suatu wilayah. Provinsi Jawa Timur memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasioal. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut dapat tumbuh lebih besar lagi jika ditopang dengan keterkaitan antar sektor ekonomi. Dari hasil perhitungan analisis Input-Output menunjukkan bahwa seluruh sektor memiliki keterkaitan, baik keterkaitan ke depan maupun keterkaitan ke belakang, namun keterkaitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang memiliki keterkaitan relatif kuat (FL>1 atau BL>1). Dari kesembilan sektor, hasil perhitungan keterkaitan ke depan dan keterkaitan ke belakang menunjukkan bahwa sektor yang paling banyak memiliki keterkaitan ke depan relaif kuat dengan sektor lain adalah sektor industri pengolahan yang memiliki keterkaitan relatif kuat dengan seluruh sektor. Sedangkan untuk keterkaitan ke belakang, sektor industri pengolahan memiliki keterkaitan ke belakang relatif kuat hampir dengan seluruh sektor, namun hanya sektor konstruksi yang tidak memiliki keterkaitan ke belakang relatif kuat dengan sektor industri pengolahan.

Keywords


Keterkaitan ke Depan; Keterkaitan ke Belakang; Keterkaitan Sektor Ekonomi.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung