Penentuan Rute Angkutan Umum Berbasis Transport Network Simulator di Kecamatan Candi dan Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

Amilatush Sholichah, Sardjito Sardjito
Submission Date: 2014-08-12 19:03:54
Accepted Date: 2014-09-14 11:49:50

Abstract


Jumlah penumpang angkutan umum di Kecamatan Candi dan Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo setiap tahunnya mengalami penurunan yang sangat signifikan. Hal ini juga mempengaruhi jumlah angkutan umum yang beroperasi di wilayah tersebut. Jumlah angkutan umum yang beroperasi setiap tahunnya juga mengalami penurunan yang sangat signifikan, bahkan terdapat rute angkutan umum yang tidak beroperasi lagi. Hal ini dikarenakan keberadaan rute angkutan umum yang melalui wilayah tersebut masih belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi publik karena rute angkutan umum yang melalui wilayah tersebut masih belum terintegrasi dengan baik sesuai dengan potensi bangkitan dan tarikan pergerakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute optimal angkutan umum di Kecamatan Candi dan Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, maka dilakukan tiga tahapan, yaitu tahap pertama adalah identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan rute angkutan umum dengan menggunakan Analisis Delphi. Tahap kedua adalah perhitungan bangkitan dan tarikan pergerakan, serta distribusi pergerakan dengan menggunakan Matrik Asal Tujuan. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah penentuan rute optimal angkutan umum dengan menggunakan software Transport Network Simulator (TRANETSIM). Sehingga, hasil akhir dari penelitian ini adalah rute optimal angkutan umum di Kecamatan Candi dan Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, yaitu rute optimal angkutan umum dengan trayek Terminal Larangan–Lebo dan Terminal Larangan–Sumorame.

Keywords


potensi bangkitan pergerakan; potensi tarikan pergerakan; rute angkutan umum.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung