Analisis Material Ringan pada Bus Body Frame Battery Electric Vehicle Bus PUI SKO ITS dengan Metode Elemen Hingga

Khadif Gicha Alifio, Julendra Bambang Ariatedja, Bambang Sudarmanta
Submission Date: 2021-08-22 18:39:42
Accepted Date: 2021-12-22 17:45:08

Abstract


Penggunaan material ringan alternatif untuk bus body frame pada battery electric vehicle bus dapat meningkatkan efisiensi kendaraan. Hal ini dikarenakan berat kendaraan akan berkurang yang akan membuat gaya hambat kendaraan ketika berjalan semakin kecil. Perubahan material pada bus body frame berpengaruh pada kekuatan dan safety kendaraan. Dengan begitu perlu dilakukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui kekuatan dan keamanan kendaraan. Dengan menggunakan uji simulasi rollover untuk safety dan uji beban statis serta beban kendaraan ketika bergerak dinamis, maka akan didapatkan hasil penelitian berupa kelayakan penggantian material. Serta dilakukan pula perhitungan economic fuel savings akibat pergantian material. Dengan dipilih 3 material alternatif dan material carbon steel sebagai base material. Pemilihan material mengikuti Ashby chart. Dengan mengganti material menjadi material ringan, dilakukan simulasi dengan beban statis, beban berbelok kearah kiri, kanan, dan saat melakukan pengereman. Didapatkan hasil simulasi bahwa penggantian material membuat tegangan maksimum yang terjadi meningkat dan menurun pada kasus tertentu. Dengan nilai maksimum sebesar 231.15 MPa dan defleksi terbesar sebesar 23.326 mm. Dilakukan pula uji rollover dengan standard yang di acu adalah UNECE R-66. Didapatkan hasil simulasi berupa defleksi yang mana material alternatif aluminum dan titanium memenuhi standard sementara untuk material magnesium melebihi safety area pada standard UNECE R-66.

Keywords


Bus Body Frame; Kekuatan; Safety; Material Ringan; Economic Fuel Savings

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung 22crown login