Alternatif Pemanfaatan Air Limbah Dari Reverse Osmosis Dengan Metode Elektrolisis Untuk Menghasilkan Gas Hidrogen dan Oksigen

Vien Inggit Diaratih, Wahyono Hadi
Submission Date: 2015-02-02 16:22:12
Accepted Date: 2015-03-13 00:00:00

Abstract


Telah diketahui air laut memiliki range total dissolved solid (TDS) yang cukup tinggi. Salah satunya pada air limbah RO dari PT PLN Pembangkit Jepara. Penelitian ini menganalisis variasi tegangan dan jenis elektroda yang mempunyai volume gas O2 dan H2 yang dihasilkan pada proses elektrolisis air  limbah dari RO serta menganalisis kondisi optimum proses elektrolisis air limbah dari RO dalam menghasilkan gas O2 dan H2. Pada penelitian ini digunakan 2 variabel yaitu variasi tegangan dan jenis elektroda.

Tegangan yang dipakai yaitu 9, 12 dan 13,8 V, sedangkan untuk jenis elektroda yaitu grafit dan platina. Dimana platina berbentuk tak beraturan yang berukuran diameter 0,5 cm dan tinggi 4 cm . Sedangkan grafit yang berasal dari  pencil 8B. Grafit ini berbentuk silinder yang berdiameter 0,4 cm dan tinggi 4 cm. Dalam penelitian ini akan dianalisis volume optimum gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan.

Pengaruh variasi tegangan dan jenis elektroda yakni untuk produksi gas oksigen dan hidrogen menggunakan elektroda grafit didapatkan semakin besar tegangan maka semakin besar pula produksi gas nya. Kemudian untuk produksi gas oksigen dan hidrogen menggunakan elektroda platina memperhatikan titik optimum dalam produksi gas nya.

Dalam penelitian ini belum bisa mencapai kondisi optimum. Hal ini dikarenakan dalam memproduksi gas oksigen dan hidrogen didapatkan kondisi variasi yang berbeda – beda, yakni gas oksigen ialah pada elektroda platina dengan tegangan 11 V pada menit ke 116 dan gas hidrogen ialah elektroda platina dengan tegangan 12 V pada menit ke 97.

Keywords


air limbah RO, Elektrolisis, Hidrogen, Oksigen

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung