Kriteria Pengembangan Kawasan Wisata Danau Toba Parapat, Sumatera Utara

Kleofine Widya Sonata Buaton, Heru Purwadio
Submission Date: 2015-02-03 09:53:23
Accepted Date: 2015-03-13 00:00:00

Abstract


Kawasan Danau Toba telah diakui keindahannya dan oleh pemerintah telah ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Dari beberapa titik tujuan wisata pada Kawasan Danau Toba, Kota Parapat yang paling terkenal dan banyak diminati pengunjung. Di kawasan Wisata Danau Toba Parapat terdapat potensi objek ynamun belum terkait satu sama lain. Hal tersebut mengakibatkan tidak berkembangnya kawasan wisaa ini. Telah banyak program/kegia­tan yang dibuat pemerintah, namun belum efektif mengatasi per­ma­sa­lahan tersebut. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengkaji faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam pengembangan kawasan wisata sehingga dapat dirumuskan kriteria pengembangan yang tepat dikawasan wisata Danau Tobai Parapat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan kriteria pengembangan kawasan wisata Danau Toba Parapat dengan 2 tahap analisis yaitu menggali potensi dan karakteristik masing-masing ODTW dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan skoring kemudian mencari faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kawasan dengan metode deskriptif kualitatif yang dilanjutkan dengan analisis delphi. Dalam perumusan kriteria pengembangannya dilakukan dengan menggunakan analisis triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria pengembangan Danau Toba harus memiliki iklim yang sejuk, lingkungan tidak terkena polusi, masyarakat ikut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, mengadakan paket wisata antar objek-objek wisata yang ada di Parapat dan paket wisata dengan kawasan wisata Samosir di Tomok dan Tuk-tuk, adanya peran kelembagaan dalam pengelola pariwisata dan atraksi wisata budaya tari Tor-tor dan musik Gondang Batak serta pemanfaatan media online untuk promosi

Keywords


Kriteria Pengembangan Kawasan; Danau toba Parapat

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung