Identifikasi Bottleneck pada Hasil Ekstraksi Proses Bisnis ERP dengan Membandingkan Algoritma Alpha++ dan Heuristics Miner

Laeila Mardhatillah, Mahendrawathi Er, Renny P Kusumawardani
Submission Date: 2012-07-27 14:07:27
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Saat ini banyak perusahaan menggunakan sistem informasi untuk menunjang proses bisnis. Namun kenyataannya hanya beberapa perusahaan yang melakukan evaluasi untuk proses bisnis pada sistem informasi tersebut. Evaluasi ini didapat dari data Event log yang merupakan hasil proses ekstrasi ERP. Cara melakukan evaluasi yaitu dengan process mining. Process mining berfungsi untuk menggali proses transaksi sehingga terbentuk suatu workflow proses bisnis yang actual. Workflow proses bisnis ini akan digambarkan dalam bentuk Petri Net, selanjutnya dari Petri Net inilah akan dilakukan analisis untuk mengidentifikasi adanya BottleneckBottleneck merupakan peristiwa pada suatu transaksi yang memiliki waktu tunggu yang lebih lama dibandingkan transaksi lainnya dalam suatu proses bisnis.

Dengan adanya PROM Tools maka penggambaran mengenai proses bisnis ERP dapat terbentuk. Penggambaran model tersebut menggunakan dua algoritma, yaitu Algoritma Alpha ++ dan Heuristics Miner. Kedua algoritma ini digunakan untuk mencari perbedaan bottleneck yang terjadi. Dari penelitian didapatkan  hasil bahwa algoritma sangat mempengaruhi letak bottleneck. Letak tersebut didasarkan pada perhitungan waktu token yang ada pada place (tempat antara dua transisi atau dua transaksi) saat terbentuk model.

Keywords


Event log; Process mining; Petri Net; Bottleneck; Algorithma Alpha++; Heuristic Miner

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung