Antena Mikrostrip Rectangular dengan Slot X Untuk Komunikasi Pada UAV

Nadya Surya Suci Arfin, Firdaus Nursal, Yulindon Yulindon
Submission Date: 2022-08-12 17:34:25
Accepted Date: 2022-09-29 20:40:58

Abstract


Unmaned Aerial Vehicle (UAV) sering kali digunakan untuk melakukan misi pengintaian maupun pemantauan pada daerah yang sulit dijangkau oleh manusia sehingga dibutuhkan suatu antena dengan bentuk yang sederhana dan bobot yang ringan seperti antena mikrostrip, banyak penelitian sebelumnya merancang antena mikrostrip untuk UAV tetapi memiliki pola radiasi omnidirectional yang membuat sinyal dikirimkan ke segala arah yang mengakibatkan ground station tidak menerima sinyal seutuhnya. Paper ini menjelaskan mengenai antena mikrostrip yang di aplikasikan pada komunikasi UAV menggunakan  frekuensi 2,4 GHz dengan dimensi 47,96 mm x 40 mm. Antena ini dirancang menggunakan aplikasi CST Studio Suite 2021. Antena mikrostrip yang dirancang menggunakan patch rectangular dengan penambahan suatu slot yang berbentuk X pada bagian tengah patch yang ditujukan untuk memperbaiki nilai bandwidth dan pola radiasi pada antena. Hasil pada proses simulasi dengan frekuensi kerja 2,4 GHz didapatkan nilai return loss sebesar -21,937 dB, nilai VSWR yang didapatkan sebesar 1,1739, nilai gain yang didapatkan sebesar 2,36 dBi dan pola radiasi berbentuk unidirectional sedangkan hasil fabrikasi didapatkan nilai return loss sebesar -16,00 dB, dan nilai VSWR yang dihasilkan sebesar 1,369. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan nilai bandwidth dengan menggunakan antena array.


Keywords


Antena Mikrostrip; Rectangular Patch; UAV

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung