Perilisan Produk Baru dan Pemilihan Strategi e-channel Untuk Produsen Produk Fesyen

Rizki Revianto Putera, Niken A. Savitri, Mar’atus Sholihah
Submission Date: 2023-01-28 06:48:53
Accepted Date: 2023-05-31 15:23:20

Abstract


Penelitian ini mempelajari koordinasi antara produsen dan retailer produsen fesyen untuk perencanaan strategi penggantian produk (rollover strategy) saat produk baru siap untuk dirilis. Produsen dapat memilih untuk menarik produk lama satat produk baru dirilis (single rollover strategy) atau menjual produk lama dan produk baru secara bersamaan (dual rollover strategy). Seperti pada kondisi saat ini, retailer memiliki dua saluran penjualan yang digunakan secara bersamaan, yaitu saluran penjualan offline dan online. Untuk menghindari konflik antar saluran penjualan, digunakan konsep ekslusifitas untuk masing – masing saluran penjualan, dimana saluran offline digunakan untuk menjual produk yang baru dirilis sementara saluran online digunakan untuk menjual produk yang sudah berada pada fase decline. Penelitian ini menunjukkan bahwa produsen akan selalu lebih memilih dual rollover strategy dibanding single rollover strategy, sementara retailer hanya akan condong ke dual rollover strategy saat tingkat penerimaan konsumen terhadap produk lama cukup tinggi.  Penelitian ini juga mendemonstrasikan benefit dari dynamic revenue sharing allocation untuk memitigasi konflik pada rollover strategy saat konsumen sangat sensitif terhadap perubahan trend fesyen.

Keywords


supply chain management; rollover strategy; game theory; fashion industry

Full Text: PDF ()

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung