Sistem Segmentasi Jalan dan Objek untuk Kendaraan Otonom Menggunakan Kamera RGB-D

Aldy Helnawan, Muhammad Attamimi, Astria Nur Irfansyah
Submission Date: 2023-02-01 09:15:21
Accepted Date: 2023-05-19 08:09:43

Abstract


Kendaraan roda empat yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan antar titik tanpa adanya operator manusia yang dimana menggunakan kombinasi antar sensor, kamera, radar, dan kecerdasan buatan (AI). Penggunaan kamera RGBDNIR (Red Green Blue Depth Near Infrared) dengan alat yaitu kamera Intel RealSense D435i yang dapat digunakan baik didalam ataupun diluar ruangan dimana sensor modul depth dan NIR dapat digunakan ketika keadaan kurang pencahayaan atau lingkungan redup. Dilakukannya penelitian ini dikarenakan untuk mencari solusi dari tingginya tingkat kecelakaan di jalan serta mencari solusi atas kelemahannya kamera RGB dalam penangkapan citra untuk yang dipadukan dengan penggunaan machine learning untuk pengambilan keputusan dalam menentukan kelas objek yang terdeteksi dan diproses untuk menghasilkan solusi dalam melakukan segmentasi di lingkungan terbuka (luar ruangan). Untuk perangkat lunak pemprograman yang akan digunakan yaitu Python serta pustaka yang akan digunakan antara lain PyTorch, OpenCV, dan TensorFlow dengan alat komputasi berupa laptop yang memiliki GPU Nvidia RTX 3060 atau sejenisnya. Hasil dari penelitian ini berupa gambar segmentasi dan pengenalan kelas objek yang terdeteksi dengan tingkat keakuratan dengan beberapa model mulai dari 39.60% hingga 63.71% yang dapat digunakan untuk penentuan kelas yang terbaca. Dengan tingkat literasi beragam sampai nilai terkecil 2E-10 dan memiliki waktu pemprosesan untuk setiap citra dari 0.22 detik sampai 0.01 detik.

Keywords


Kendaraan Otonom; Kamera Stereo; Segmentation; Computer vVsion

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung