Desain Dan Evaluasi Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Web Responsif myITS Logistics Menggunakan Metode User-Centered Design

M Frediansyah Sinaga, Hadziq Fabroyir, Rizky Januar Akbar
Submission Date: 2023-02-07 14:13:17
Accepted Date: 2023-09-18 06:24:32

Abstract


Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memiliki unit organisasi logistik di bawah koordinasi Subdirektorat Perencanaan Sarpras dan Logistik, Direktorat Perencanaan dan Pengembangan, yang memiliki tujuan untuk mengontrol efisiensi pengadaan barang. Untuk saat ini, unit organisasi logistik ini memiliki sebuah sistem informasi berbasis open source bernama ODOO yang digunakan untuk keperluan kontrol pengadaan. Sistem informasi tersebut bernama myITS Logistics. Namun, setelah dilakukan evaluasi, ditemukan beberapa kendala dalam penggunaan sistem informasi tersebut, yaitu diantaranya adalah inkosistensi data, sulit untuk diintegrasikan dengan sistem lain yang ada di ITS karena struktur basis data dan platform yang berbeda, dan proses pemakaian yang rumit, dan hal ini menyebabkan proses operasional logistik menjadi cukup terhambat. Untuk memecahkan masalah yang telah dipaparkan, akan digunakan proses desain User Experience (UX) agar produk yang dihasilkan dapat memberikan pengalaman yang relevan kepada pengguna berdasarkan analisis perilaku mereka. Lalu, metode yang akan digunakan adalah metode User-centered Design, yaitu metode yang mempertimbangkan kebutuhan pengguna sebagai dasar dari perancangan sistem yang akan dibangun dengan cara menggali kebutuhan pengguna dan melibatkan mereka dalam proses desain. Diharapkan hasil dari Tugas Akhir ini, yaitu myITS Logistics, akan dapat mempermudah seluruh unit kerja dan departemen di lingkungan ITS dalam melaksanakan proses operasional logistic disetiap unit kerja di ITS. Setelah dilakukan 2 iterasi usability testing, didapatkan hasil akhir yaitu rata-rata nilai Single Ease Question (SEQ) berada pada nilai 6,3 dan rata-rata nilai System Usability Scale (SUS) adalah 81,07, yang berarti dapat disimpulkan bahwa desain antarmuka pengguna aplikasi web myITS Logistics yang dibuat memiliki tingkat kemudahan dan ketergunaan yang cukup tinggi.

Keywords


Logistik; ODOO; Pengadaan; Kebutuhan Pengguna

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung