Analisis Sensitivitas Investasi Proyek Rebranding Hotel Grand Mangku Putra di Kota Cilegon

Tubagus Ihsan Aria Dharmika, Christiono Utomo, Christiono Utomo
Submission Date: 2023-02-14 15:21:45
Accepted Date: 2023-09-18 06:23:39

Abstract


PT. Grand Mangku Putra yang menggandeng PT. Riyadh Group memanfaatkannya dengan melakukan proyek rebranding Hotel Grand Mangku Putra menjadi condotel. Rebranding dilakukan dalam rangka perbaikan citra maupun kualitas brand dari sebelumnya. Kegiatan rebranding yang dilakukan merupakan kegiatan rebranding yang menyeluruh meliputi fisik serta management. Metode yang digunakan dalam analisa investasi ini adalah metode Analisis Sensitivitas. Metode ini dilaksanakan dengan beberapa tahap, Tahap yang pertama adalah menghitung biaya investasi serta NOI (Net Operating Income) pada perhitungan Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), serta Payback Period (PP). Pada Analisis Sensitivitas, pada variabel biaya operasional, harga penyewa unit condotel, dan tingkat keterisian unit condotel. Analisa investasi ini dihitung dengan modal sebesar Rp. 35.587.829.043,03 yang bersumber dari PT. Grand Mangku Putra selaku pemilik properti. Investasi ini dilakukan dengan masa investasi 5 tahun dengan nilai MARR sebesar 6,925% serta bunga pinjaman bank sebesar 8,39%. Hasil yang didapat setelah melaksanakan perhitungan adalah nilai NPV sebesar Rp. 47.809.917.835,31 yang mana nilai tersebut lebih besar dari nol. Untuk nilai IRR sebesar 66,210906017% yang lebih besar dari nilai MARR yang ditetapkan. Pada perhitungan PP, masa pengembalian investasi didapatkan selama 1 tahun 10 bulan. Dari hasil tersebut dapat dikatakan investasi dapat dilakukan, karena nilai NPV diatas nol, nilai IRR lebih besar dari nilai MARR serta masa pengembalian kurang dari masa investasi yang ditetapkan. Selanjutnya dilakukan analisis sensitivitas demi mendapatkan batas-batas investasi, didapatkan bahwa untuk merubah nilai NPV menjadi kurang dari nol adalah dengan menurunkan okupansi lebih dari 24,764%, terjadi penurunan harga sewa lebih dari 41,610%, serta terjadi peningkatan biaya operasional lebih dari operasional lebih dari 124,62%.

Keywords


Analisis Investasi, Rebranding, Analisis Sensitivitas, Condotel

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung