Optimalisasi Single-Effect Evaporator pada Proses Produksi Kalsium Klorida

Deden Eko Wiyono, Salma Auliarifkie Siregar, Eva Oktavia Ningrum
Submission Date: 2023-07-26 07:59:49
Accepted Date: 2023-09-18 06:34:38

Abstract


Tantangan utama dalam proses produksi CaCl2 adalah penggunaan energi melalui konsumsi steam yang cukup tinggi saat proses pemekatan CaCl2 melalui proses evaporasi. Pada suatu industri kalsium klorida, proses evaporasi dilakukan menggunakan Single-Effect Evaporator (SEE). Adapun steam dalam proses evaporasi disupply dari utility pada temperatur steam 134oC dan tekanan 1 atm dengan konsumsi steam mencapai 4,528 ton/jam. Oleh karena itu, efisiensi sangat diperlukan untuk mengurangi konsumsi steam untuk mendukung proses penghematan energi. Adapun proses efisiensi dan optimasi pada unit evaporator akan dilakukan melaui 2 skenario untuk mendapatkan hasil terbaik dalam proses efisiensi konsusmi steam. Skenario 1 untuk efisiensi dan optimasi unit evaporator dengan penambahan MVR dan skenario 2 untuk efisiensi dan optimasi unit evaporator melalui pre-heating bahan masuk dan penambahan MVR. Hasil paling optimal dicapai pada skenario 2 yang dapat menuruntukan beban konsusim steam mencapai 80% dari kondisi eksisiting. Selain itu dari analisa ekonomi skenario 2 juga lebih menguntungkan perusahan karena menurunkan nilai BEP, POT dan meningkatkan RoR yang cukup baik dibandingkan eksisting dan skenario 1. Sehingga dengan mempertimbangkan beberapa aspek analisis yang ada, skenario 2 merupakan langkah yang efisien dan optimasi unit evaporator pada proses produksi kalsium klorida (CaCl2).

Keywords


Evaporator MVR; Heater; Kalsium Klorida; Steam

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung