Kajian Penurunan Kehilangan Air di DMA Tamanan Perumda Tirta Dhaha Kota Kediri

Reka Viola, Alfan Purnomo
Submission Date: 2023-07-26 11:44:39
Accepted Date: 2023-12-14 07:47:41

Abstract


Permasalahan umum yang paling sering terjadi pada penyediaan air minum adalah Air Tak Berekening (ATR) atau Non-Revenue Water (NRW). Penanggulangan besarnya nilai NRW perlu disesuaikan dengan jenis kehilangan air yang terjadi. Perumda Tirta Dhaha Kota Kediri membentuk District Meter Area (DMA) dalam upaya menekan tingkat kehilangan air. Pembentukan DMA ini merupakan program kemitraan yang difasilitasi oleh PERPAMSI. Hasil dari program kemitraan menyatakan NRW DMA Tamanan sebesar 51,40%. Akan tetapi angka tersebut masih sangat tinggi jika dibandingkan dengan target kehilangan air nasional rata-rata 20%. Penelitian ini mengidentifikasi penyebab kehilangan air dengan melakukan penyusunan penyebab kehilangan air dengan melakukan penyusunan neraca air pada software WB EasyCalc dan menentukan target dan strategi dalam menurunkan kehilangan air di DMA Tamanan dengan melakukan aspek teknis. Analisis aspek teknis berfokus pada tekanan dan kecepatan aliran disimulasikan dengan software EPANET 2.2. Hasil dari penelitian adalah kehilangan air DMA Tamanan pada bulan November 2022 sebesar 37% dan Desember 2022 sebesar 37,3%. Sehingga target penurunan kehilangan air di DMA Tamanan adalah 17,3% dalam kurun waktu 4 tahun. Strategi penurunan kehilangan air adalah manajemen tekanan dengan pengaturan jam operasional pompa dan pemasangan PRV. Selain itu, dilakukan penggantian meter air pelanggan. Hasil strategi adalah kehilangan air dapat turun menjadi 19,9%. Jumlah air yang dapat diselamatkan dengan adanya strategi Pengendalian adalah sebesar 20.147 m³ dengan keuntungan yang didapatkan Rp25.106.680.

Keywords


District Meter Area; Kehilangan Air; Perusahaan Daerah Air Minum

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung