Penilaian Kualitas Situs Benteng Vastenburg sebagai Ruang Publik di Kota Surakarta Berdasarkan Persepsi Pengguna

Ariq Ridhwan Arya Putra, Mochamad Yusuf
Submission Date: 2023-07-26 11:26:21
Accepted Date: 2023-12-14 07:46:29

Abstract


Situs Benteng Vastenburg di Kota Surakarta merupakan salah satu ruang publik dengan benteng peninggalan kolonial yang dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan masyarakat. Walaupun begitu, ruang publik ini dilingkupi masalah seperti ketidakpastian pengelolaan dan pengembangan yang berimplikasi terhadap kualitasnya. Padahal situs ini penting dan tidak terpisahkan dari perkembangan kota. Selain itu, ada dorongan untuk memanfaatkan potensinya sebagai ruang publik dan destinasi wisata kota oleh masyarakat. Sehingga perlu adanya rencana untuk menaungi pemanfaatannya di masa yang akan datang. Salah satu kajian yang dapat dilaksanakan sebagai masukan dalam rencana tersebut adalah dengan penilaian terhadap kualitas situs ini sebagai ruang publik. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas situs Benteng Vastenburg sebagai ruang publik di Kota Surakarta berdasarkan persepsi pengguna. Penelitian ini terbagi menjadi tiga sasaran. Sasaran pertama adalah memahami karakteristiknya dengan metode analisis deskriptif. Selanjutnya, perumusan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas situs Benteng Vastenburg sebagai ruang publik dengan metode Delphi dan Analytical Hierarchy Process sebagai analisisnya. Setelah itu, penilaian terhadap kualitas situs Benteng Vastenburg sebagai ruang publik berdasarkan persepsi pengguna dilakukan dengan kuesioner skala likert dan dijelaskan melalui analisis deskriptif. Melalui penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil kualitas situs Benteng Vastenburg sebagai ruang publik memiliki nilai 72,351 atau dalam kategori baik oleh pengguna. Walaupun begitu terdapat beberapa masukan yang disampaikan pengguna terkait kualitasnya sebagai ruang publik.

Keywords


Penilaian; Kualitas Ruang Publik; Persepsi Pengguna

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung