Pengolahan Air Limbah Tambak Ikan Tradisional di Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik Menggunakan Constructed Wetland

Sciencenia Marin Kurnia, Ipung Fitri Purwanti
Submission Date: 2023-07-27 19:39:29
Accepted Date: 2023-12-14 07:48:15

Abstract


Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik merupakan salah satu kecamatan yang menjadi penyumbang hasil perikanan terbesar di Kabupaten Gresik. Melalui kegiatan perikanan tersebut, dihasilkan produk samping berupa limbah padat maupun cair. Limbah cair yang dihasilkan berupa air bekas tambak yang berwarna cokelat hingga kehijauan, serta menimbulkan aroma tidak sedap diakibatkan oleh kandungan Ammonia yang berasal dari urin, feses ikan, dan sisa penguraian komponen organik dalam air. Air limbah tersebut langsung dialirkan ke saluran drainase dan tercampur dengan air hujan tanpa diolah terlebih dahulu. Pada jangka panjang, kondisi ini dapat membahayakan lingkungan. Tingginya kadar Ammonia dalam air akan memicu terjadinya eutrofikasi. Berdasarkan hasil uji laboratorium, didapatkan karakteristik air limbah dengan beberapa parameter yang masih melebihi baku mutu, yaitu TSS, Ammonia, dan Fosfat. Adapun teknologi pengolahan yang terpilih untuk mengolah limbah tambak ikan tradisional adalah dengan Unit Prasedimentasi dan Constructed wetland menggunakan tanaman Canna indica. Pemilihan teknologi pengolahan tersebut berdasarkan pada karakteristik air limbah, ketersediaan dana dan sumber daya manusia yang terlibat dalam pengelolaan tambak tradisional. Kedua teknologi tersebut dinilai cukup mudah untuk dioperasikan dan dapat meremove polutan dengan baik agar effluent yang dihasilkan memenuhi baku mutu. Melalui kegiatan perencanaan, didapatkan luas lahan yang dibutuhkan untuk membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah seluas 0,136 ha (hektar).

Keywords


Ammonia; Instalasi Pengolahan Air Limbah; Kecamatan Cerme; Senyawa Organik; Tambak Ikan Tradisional

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung