Sistem Informasi Manajemen Beasiswa ITS Berbasis Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Analytical Hierachy Process

Dalu Nuzlul Kirom, Rusdhianto Effendie abdul Kadier, Yusuf Bilfaqih
Submission Date: 2012-07-30 08:31:31
Accepted Date: 2012-08-02 14:24:44

Abstract


Proses seleksi beasiswa di ITS Surabaya selama ini dilakukan oleh bagian kemahasiswaan ITS yang dibantu oleh bagian kemahasiswaan tingkat fakultas. Dalam proses seleksi tersebut, pihak kemahasiswaan dibantu oleh sistem informasi beasiswa yang berisi database penerima beasiswa di ITS. Proses seleksi yang dilakukan oleh kemahasiswaan adalah dengan memilah-milah berkas yang dikumpulkan oleh pendaftar beasiswa sembari mengecek database terkait status beasiswa dari mahasiswa bersangkutan. Dengan jumlah pendaftar yang bisa mencapai ribuan mahasiswa, maka proses seleksi tersebut menyita banyak waktu karyawan dan hasilnyapun kurang valid. Untuk itulah dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan untuk memberi pertimbangan pihak kemahasiswaan dalam menyeleksi beasiswa. Dalam tugas akhir ini akan didesain suatu sistem informasi manajemen beasiswa (Simba) berbasis sistem pendukung keputusan dengan metodeĀ  Analytical Hierarchy Process. Sistem pendukung keputusan pada Simba ini akan mengurutkan prioritas penerima beasiswa sesuai dengan kriteria yang ditentukan pengambil keputusan. Pengambil keputusan dapat memberikan pandangan dan memasukkan penilaian berdasarkan pengalaman mereka. Dengan demikian, sistem informasi manajemen beasiswa berbasis sistem pendukung keputusan ini mampu membantu pihak pengelola beasiswa ITS untuk menentukan alternatif terbaik penerima beasiswa sesuai kondisi yang diharapkan. Sistem ini juga membantu pihak pengelola beasiswa dan mahasiswa ITS dalam proses pendaftaran dan penginformasian beasiswa.

Keywords


Analytical Hierarchy Process; Beasiswa; Sistem Informasi Manajemen Beasiswa; Sistem Pendukung Keputusan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung