Analisis Potensi Kargo pada Bandara Kertajati

Muhammad Derizky Yovianto, Ervina Ahyudanari
Submission Date: 2023-07-31 22:50:39
Accepted Date: 2023-12-14 07:49:25

Abstract


Bandara Kertajati merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta. Luas lahan dari Bandara Kertajati ini mencapai 1800 hektare dan memiliki ukuran landasan pacu 3000 x 60 meter. Ketika beroperasi terjadi penurunan tren penumpang ini utamanya diakibatkan oleh aksesibilitas menuju ke Bandara Kertajati cukup sulit karena infrastruktur pendukung seperti Tol Cisumdawu belum sepenuhnya beroprasi. Untuk tetap bisa menutupi biaya operasional yang cukup besar Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki sebuah rencana sebagai solusi dari permasalahan tersebut yaitu untuk mengalihkan Bandara Kertajati menjadi bandara yang difokuskan untuk kargo. Oleh karena itu, diperlukan analisis untuk mengetahui potensi kargo berdasarkan komoditas-komoditas unggulan di Jawa Barat, rencana beban kargo peralihan dari Bandara Soekarno-Hatta dan Husein Sastranegara, estimasi travel time dan travel cost aksesibilitas darat menuju Bandara Kertajati serta jenis pesawat yang optimum untuk pengangkutan kargo. Aksi tersebut mendukung program Sustainable Development Goals poin ke-9 dari PBB yaitu Indusry, Innovation, and Infrastructure, karena sebagai pengembangan untuk industri kargo di Bandara Kertajati. Dari hasil analisis penelitian ini diperoleh catchment area dari Bandara Kertajati pada Provinsi Jawa Barat sebanyak 19 kabupaten/kota (70%) dan Jawa Tengah 3 kabupaten/kota (9%). Potensi Wilayah yang memiliki komoditas hasil tanam dan unggas unggulan masing-masing untuk dipasarkan keluar daerah antara lain, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Sumedang. Dengan analisis peramalan diketahui demand volume kargo internasional dan domestik pada tahun 2028 dari Bandara Soekarno-Hatta, dengan perlaihan 13% diperoleh volume kargo internasional sebesar 62.150.550 kg dan kargo domestik sebesar 56.470.315 kg. Lalu, demand volume kargo internasional dan domestik peralihan dari Bandara Husein Sastranegara pada tahun 2023 pada kargo Internasional adalah sebesar 4.104.794 kg dan kargo domestik sebesar 30.332.299 kg. Dengan perhitungan kapasitas angkut pesawat didapatkan pesawat yang ideal untuk mengangkut kargo yaitu Boeing 777-300ER , karena dari kapasitas kargo yang besar dan jarak tempuh optimum pesawat tersebut.

Keywords


Bandar Udara; Optimum; Potensi Komoditas; SDG; Wilayah Tangkapan Bandara

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung