Permainan Simulasi Penanganan Krisis Negara dengan Pemodelan Finite State

Daanii Nabil Ghinannafsi Kusnanta, Imam Kuswardayan, Hadziq Fabroyir
Submission Date: 2023-08-01 09:42:46
Accepted Date: 2024-05-06 08:28:56

Abstract


Mudahnya akses informasi juga memudahkan penyebaran hoaks dan misinformasi. Hoaks yang paling banyak beredar pada 2020 menurut laporan MAFINDO adalah hoaks yang berkaitan dengan pemerintah dan instansi negara. Hoaks tersebut biasanya muncul dan beredar saat negara sedang ada dalam kondisi krisis. Hal ini disebabkan salah satunya karena kurangnya pemahaman mengenai kompleksitas penanganan krisis suatu negara. Edukasi mengenai kompleksitas penanganan krisis secara efektif dapat disampaikan melalui permainan strategi. Permainan strategi mengandalkan kemampuan perencanaan, kecermatan dalam melihat situasi di masa mendatang, dan kemampuan pengambilan keputusan secara cepat. Hal ini cocok dengan penanganan krisis negara yang juga membutuhkan perencanaan matang. Melalui permainan strategi yang menyenangkan, pemain dapat merasakan menjadi pengambil keputusan dalam kondisi krisis. Kompleksitas penanganan krisis tadi juga menuntut desain permainan dan simulasi yang kompleks. Simulasi akan mencakup resource management yang dibutuhkan untuk mengelola krisis. Dalam permainan, juga akan nada kemungkinan muncul krisis baru jika pemain salah dalam mengelola resource yang ada. Akan terdapat juga krisis di luar kontrol pemain yang akan muncul pada saat-saat tertentu yang menggambarkan unpredictability dalam kondisi krisis. Simulasi akan menggunakan pemodelan finite state untuk mencapai desain yang diinginkan.

Keywords


Desain Permainan; Permainan Strategi Real Time; Krisis Negara; Permainan Simulasi; Finite State

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung