Analisis Dampak Strategi Bisnis Hasil Formulasi dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix pada Kinerja Keuangan PT X (Studi Kasus: BUMD Migas)

Aliya Ariuni Arintya, I Ketut Gunarta
Submission Date: 2023-08-01 12:08:05
Accepted Date: 2023-12-14 07:42:49

Abstract


PT X merupakan BUMD di bidang yang sedang mengalami masalah penurunan laba pada beberapa tahun terakhir akibat ketidakmampuannya menghadapi tantangan industri serta ketergantungannya pada anak usaha dan proyek pemerintah. Untuk mengatasinya, perusahaan membutuhkan strategi bisnis dalam peningkatan competitive advantage. Penelitian ini bertujuan merancang strategi PT X sesuai kondisi internal dan eksternal serta menganalisis dampak rancangan strategi terhadap kinerja keuangan perusahaan. Perancangan strategi disesuaikan dengan David’s strategy formulation analytical framework yang mencakup tahap input stage, matching stage, dan decision stage. Sebelum merancang strategi, dilakukan identifikasi kondisi internal dan eksternal terlebih dahulu dengan analisis PESTEL, Porter’s Five Forces, dan 7S McKinsey. Dari identifikasi tersebut dihasilkan 6 kekuatan, 5 kelemahan, 6 peluang, dan 7 ancaman. Tahap input stage dilakukan dengan metode IFE Matrix yang menghasilkan total skor 2,76975 dan EFE Matrix dengan total skor 2,9645. Kemudian pada matching stage digunakan IE Matrix dengan hasil alternatif strategi market penetration dan product development serta TOWS Matrix yang menghasilkan 9 alternatif strategi. Penentuan strategi pada tahap decision stage dilakukan dengan metode Quantitative Strategic Planning Matrix dan menghasilkan strategi menjalin kerjasama dengan mitra potensial untuk pengembangan bidang usaha lain. Selanjutnya dilakukan proyeksi keuangan dengan moving average untuk mengetahui kondisi sebelum dan setelah dilaksanakannya strategi. Hasil proyeksi tersebut menjadi dasar untuk mengetahui dampak dari dilaksanakannya strategi melalui analisis rasio keuangan. Dengan analisis rasio tersebut, dihasilkan dampak yang relatif positif pada kinerja keuangan perusahaan yang mengindikasikan strategi ini layak untuk dilaksanakan PT X.

Keywords


BUMD Migas; Formulasi Strategi; Kinerja Keuangan; Quantitative Strategic Planning Matrix; Rasio Keuangan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung