Analisis Highest and Best Use pada Lahan di Jalan Basuki Rahmat

Muhammad Syah Alam Baituaqsha, Christiono Utomo
Submission Date: 2023-08-01 20:20:51
Accepted Date: 2024-09-17 07:12:44

Abstract


Laju pertumbuhan penduduk dan tingkat perekonomian yang semakin meningkat di Kota Surabaya mengakibatkan kebutuhan terhadap lahan semakin tinggi. Namun masih terdapat lahan yang tidak dimanfaatkan secara optimal sehingga banyak ditemui lahan yang dibiarkan begitu saja. Lahan tersebut dapat dikembangkan dengan cara membangun properti komersial yang dapat memberikan produktivitas tertinggi. Salah satu lahan seluas 3.739 m2 yang belum dimanfaatkan dengan baik terletak di Jalan Basuki Rahmat No.80-82, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya. Lahan tersebut terletak di daerah pusat kota yang berpotensi untuk dikembangkan. Lingkungan disekitar lahan tersebut terdapat Mall Tunjungan Plaza, Hotel Bumi Surabaya, Wyndham Hotel, Gand Dafam Hotel, Trillium Residence Apartemen, Grand Shamaya Apartemen, Gedung Bumi Mandiri, Graha Pacific Surabaya, dan sebagainya yang berada di kawasan Jalan Basuki Rahmat Surabaya. Metode yang digunakan adalah highest and best use yang bertujuan untuk menghasilkan produktivitas tertinggi terhadap penggunaan lahan yang sesuai dengan peruntukan kawasan tersebut. Penentuan jenis properti yang akan dikembangkan pada sebidang lahan sangat berpengaruh pada nilai lahan. Analisis highest and best use meliputi aspek legal, aspek fisik, aspek finansial dan aspek produktivitas maksimum. Aspek legal untuk menganalisis zonasi dan kode bangunan; aspek fisik menganalisis ukuran dan bentuk lahan, utilitas, aksesibilitas, dan desain awal alternatif; aspek finansial menganalisis biaya investasi, pendapatan properti, pengeluaran properti, aliran arus kas, dan Net Present Value (NPV); dan aspek produktivitas maksimum untuk menentukan alternatif properti yang memberikan nilai lahan tertinggi. Dari hasil penelitian didapatkan tiga alternatif properti untuk pengembangan lahan, yaitu perkantoran, hotel, dan apartemen. Dari ketiga alternatif tersebut, pengembangan lahan sebagai properti komersial hotel merupakan alternatif bangunan dengan penggunaan tertinggi dan terbaik. Alternatif properti komersial hotel memiliki nilai lahan sebesar Rp 60.028.554,98/m2 dengan persentase kenaikan nilai lahan adalah sebesar 172% dari nilai lahan awal.

Keywords


Lahan; Produktivitas; Highest and Best Use

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung