Analisis Kriteria Sustainable First and Last Mile pada Koridor MRT DKI Jakarta dengan Model IPGA

Luh Putu Hamidah Kusuma Wardhani, Ketut Dewi Martha Erli Handayeni
Submission Date: 2023-08-02 18:47:47
Accepted Date: 2024-09-19 07:46:37

Abstract


DKI Jakarta sebagai pusat kegiatan mempengaruhi tingginya pergerakan dari dan menuju Jakarta. Pengembangkan berbagai transportasi publik seperti MRT, BRT, LRT, KRL, dan mikrotrans ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pergerakan. Akan tetapi penggunaan transportasi publik khususnya MRT cenderung fluktuatif dibandingkan transportasi pribadi yang terus meningkat. Alasan masyarakat enggan berpindah menggunakan MRT karena jarak yang kurang aksesibel. Transjakarta dan KRL dianggap memiliki aksesibilitas yang lebih baik karena telah saling terintegrasi dan dilayani oleh feeder. Integrasi moda MRT dengan feeder dirasa belom optimal dan merata sehingga MRT belum menjadi moda andalan di DKI Jakarta. Mil pertama dan terakhir dari perjalanan transit menjadi komponen penting bagi keputusan individu memilih moda transportasi. Hal ini menyangkut perjalanan dengan berbagai moda transportasi umum, berjalan kaki, dan bersepeda. Penelitian ini bertujuan menganalisis kriteria first and last mile (feeder, pedestrian way, bicycle path) pada koridor MRT DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan model analisis IPGA (Importance Performance Gap Analysis) untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan pengguna terhadap variabel sustainable first and last mile. Hasil studi menunjukan bahwa terdapat 14 variabel terkait transportasi umum, 2 variabel terkait berjalan kaki, dan 4 variabel terkait bersepeda yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan pada perjalanan first mile. Sementara itu, pada perjalanan last mile diperoleh 13 variabel terkait transportasi umum dan 1 variabel terkait berjalan kaki yang menjadi prioritas. Variabel utama pada perjalanan first mile yang perlu ditingkatkan adalah sistem pembayaran terintegrasi, ketersediaan jalur pejalan kaki, dan ketersediaan parkir sepeda. Selanjutnya, variabel biaya perjalanan dan keamanan jalur pejalan kaki merupakan prioritas yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan perjalanan last mile MRT di DKI Jakarta.

Keywords


First Last Mile;MRT;IPGA

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung