Studi Kinerja VANET Scenario Generators: SUMO dan VanetMobisim untuk Implementasi Routing Protocol AODV menggunakan Network Simulator 2 (NS-2)

Firdaus Nutrihadi
Submission Date: 2016-01-21 22:01:57
Accepted Date: 2016-03-18 08:43:49

Abstract


Vehicular Ad Hoc Network (VANET) merupakan turunan dari MANET (Mobile Ad Hoc Network) sebagai inovasi baru dalam dunia teknologi yang membantu kebutuhan manusia dalam berkomunikasi. VANET dapat mendukung komunikasi langsung antara kendaraan (Vehicle to Vehicle) dan antara kendaraan-infrastruktur (Vehicle to Infrastructure) dengan adanya infrastruktur jaringan nirkabel. Namun, implementasi VANET di dunia masih sulit dilakukan sehingga banyak penelitian dilakukan dengan membuat simulasi menggunakan mobility generator dan network simulator. Pada makalah ini yang diteliti yaitu performa skema VANET yang dihasilkan oleh mobility generator SUMO dan Vanetmobisim. Penelitian ini menggunakan NS-2 sebagai simulator VANET dengan protokol reaktif AODV sebagai routing protocol.

Skenario VANET dengan peta berbentuk grid dan peta riil Sutomo,Surabaya digunakan pada kedua generator SUMO dan VanetMobisim dengan memvariasikan jumlah kendaraan simulasi. Matriks evaluasi kinerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah packet delivery ratio, end-to-end delay, dan routing overhead. Dalam ketiga skenario, performa routing protokol SUMO-AODV lebih baik. VanetMobisim-AODV, dikarenakan lebih banyak lalu lintas dan rute yang putus, menghasilkan performa yang baik namun masih di bawah pesaingnya.

Keywords


VANET; SUMO; VanetMobisim; AODV; NS-2

References