Perbandingan Tebal Perkerasan Lentur Landas Pacu Bandara Internasional Dhoho Menggunakan Metode Federal Aviation Administration (FAA) dan Load Classification Number (LCN)

Muhammad Fikri Nadhif, Rachmad Basuki, Amalia Firdaus Mawardi
Submission Date: 2023-08-08 14:44:07
Accepted Date: 2024-11-25 12:30:58

Abstract


Menurut Perpres 56 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas perubahan Perpres No 3 tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional, Bandara Internasional Dhoho telah ditetapkan menjadi sebuah proyek strategis nasional. Landasan pacu merupakan sebuah komponen penting dari infrastruktur sebuah bandar udara. Terdapat banyak metode dalam merencanakan tebal perkerasan lentur landasan pacu seperti metode Federal Aviation Administration (FAA) dari Dinas Perhubungan Udara Amerika Serikat, metode Load Classification Number (LCN) dari Inggris, metode California Bearing Ratio (CBR) dari Institution of Engineers of America, dan lain sebagainya. Dalam penulisan ini bertujuan merencanakan tebal perkerasan lentur landasan pacu menggunakan metode Federal Aviation Administration (FAA) dan Load Classification Number (LCN). Kedua metode dipilih karena terdapat perbedaan yang signifikan dalam aspek perencanaannya. Hasil analisis tebal perkerasan lentur pada metode FAA menggunakan FAA AC 5320-6D diperoleh hasil sebesar 508 mm pada daerah kritis, 439 mm pada daerah non kritis dan setebal 360 mm pada bahu landasan pacu. Menggunakan program COMFAA diperoleh nilai PCN sebesar 42,9 denagn nilai AC sebesar 40,2. Pada metode FAA menggunakan program FAARFIELD diperoleh hasil sebesar 519 mm dan pada bahu landasan pacu sebesar 356 mm. Menggunakan program bantu FAARFIELD diperoleh nilai PCR sebesar 386,4 dan nilai ACR sebesar 365,1. Sedangkan pada metode LCN diperoleh total tebal perkerasan sebesar 550 mm dan pada bahu landasan pacu setebal 450 mm. Diperoleh nilai LCN landasan pacu yakni sebesar 63 dan nilai LCN pesawat rencana sebesar 46,5. Hasil analisis biaya konstruksi untuk tebal perkerasan pada metode FAA menggunakan FAA AC 5320-6D diperoleh sebesar Rp187.607.898.600, pada FAA AC 5320-6G sebesar Rp212.826.956.294. Sementara pada metode LCN diperoleh sebesar Rp225.887.763.123

Keywords


FAA;Landasan Pacu;LCN;Perkerasan Lentur

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung 22crown login