Perancangan Audiometer Tutur Kata Berbasis Android dengan Penerapan Voice Recognition dalam Pelaksanaan Tes Pendengaran Pekerja

Abdun Nafi', Daniel Oranova Siahaan, Ary Mazharuddin Shiddiqi
Submission Date: 2023-08-10 14:21:12
Accepted Date: 2023-12-14 07:36:57

Abstract


Sering terjadinya peningkatan kasus kecelakaan kerja, memberitahukan pentingnya penerapan K3 (Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan kerja) pada perusahaan yang bertujuan menekan angka terjadinya kecelakaan di dalam bekerja. Salah satu penerapan K3 yakni diberlakukannya tes kesehatan. Tes kesehatan dilakukan untuk menghitung faktor resiko demi keselamatan dan efektifitas dalam pekerjaan yang digunakan sebagai pengukur untuk mendapatkan pekerja yang berkualitas dan sehat. Salah satu tes kesehatan yang dilakukan adalah tes pendengaran. Tes pendengaran merupakan prosedur yang dilakukan untuk memeriksa kemampuan mendengar seseorang. Salah satu tes pendengaran adalah Tes audiometri nada tutur. Tes pendengaran audiometri nada tutur menggunakan kata-kata terpilih yang telah dibakukan dan dikaliberasi, untuk mengukur beberapa aspek kemampuan pendengaran pekerja yang dilakukan secara konvensional.Namun dalam pengadaan tes secara konvensional menggunakan hardware audiometer masih kurang efesien untuk dilakukan selama proses tahap penerimaan calon peserta, hal ini dikarenakan perhitungan hasil tes keseluruhan masih dibuat secara manual oleh penyedia tes, sehingga diperlukan pengawas dari perusahaan untuk menghindari manipulasi data yang bisa diubah oleh penyedia dan peserta tes. Keterbatasan alat yang dimiliki oleh penyedia tes juga membuat pelaksaanaan tes menjadi kurang efisien dalam waktu dikarenakan harga audiomer yang terjangkau mahal. Melalui rancangan sistem audiometer nada tutur berbasis android yang menerapkan voice recognition diharapkan dapat membantu dalam pelaksaan tes pendengaran untuk pekerja. Selain itu, diharapkan dapat meminimalisir biaya yang dilakukan perusahaan untuk membeli alat audiometer atau menggunakan jasa ketiga dari pihak yang memiliki audiometer. Sistem audiometer nada tutur ini diberi nama dengan AudioTest Pro.

Keywords


Tes Pendengaran; Audiometer; Voice Recognition

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung