Optimasi Desain Struktur Rangka Dudukan Motor Mesin Pendingin Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

Diana Kamaliyah Ichsan
Submission Date: 2024-01-06 03:28:38
Accepted Date: 2024-05-31 17:33:10

Abstract


Abstrak-Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi desain optimasi dalam hal penurunan nilai kecepatan getaran (vibration), perpindahan (displacement) dan tegangan von misess untuk rangka dudukan motor. Terdapat 2 metode yang dilakukan pada penelititan ini yang pertama adalah pengukuran aktual getaran kemudian dilanjutkan optimasi desain dengan menggunakan Metode Elemen Hingga (MEH). Dari hasil analisis diketahui nilai kecepatan getaran arah x sebesar 10.369 mm/detik dan 2.732 mm/s masing-masing untuk desain lama dan desain baru setelah modifikasi. Kemudian 0.143mm dan 0.052mm untuk deformasi sebelum dan sesudah di modifikasi diikuti dengan nilai stress von misses sebesar 21.17MPa dan 7.88MPa untuk desain lama dan desain baru. Dengan merujuk pada (ISO1-816-3:2009) dapat diketahui bahwa mendesain ulang rangka dudukan motor membuat tingkat getaran berpindah dari kategori D ke B yaitu “Tidak terbatas –istilah operasi diizinkan”. Hal ini telah sesuai dengan standar yang diinginkan oleh perusahaan.

Keywords


Desain optimasi, Metode Elemen Hingga (MEH), Kecepatan getaran (vibration), Perpindahan (displacement), Tegangan von misess

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung